Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Bekraf Siap Semarakkan Festival SXSW 2018

Ekonomi & Bisnis
13 Feb 2018
Bekraf Siap Semarakkan Festival SXSW 2018

hariansuara.com, Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali memperkenalkan sederet produk ekonomi kreatif dan talenta terbaik Indonesia melalui Pavilion Archipelageek di festival seni kreatif dan teknologi terbesar dunia, South by Southwest (SXSW) 2018 yang berlangsung dari 9-18 Maret 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat.

“South by Southwest (SXSW) didedikasikan untuk mendukung para insan di industri kreatif dalam mencapai tujuan mereka. Mengikuti kesuksesan partisipasi Indonesia dan sambutan hangat dunia terhadap perusahaan teknologi dan rintisan dari Pavilion Archipelageek tahun lalu, dalam kesempatan ini Bekraf kembali membawa sederet talenta terbaik tanah air untuk unjuk gigi memperkenalkan karya kreatifnya ke ajang bergengsi dunia,” tutur Ricky Pesik selaku Wakil Kepala Bekraf.

Menambahkan pernyataan Ricky, Josua PM Simanjuntak selaku Deputi Pemasaran Bekraf berpesan agar para wakil Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini secara maksimal.

“Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari para peserta sepanjang proses seleksi dilakukan. Terlihat bahwa SXSW 2018 menjadi momen yang ditunggu sebab dapat menjadi acuan bagi para profesional untuk menunjukkan produk yang dimilki sembari memperluas jaringan. Tahun ini, Bekraf memberangkatkan lima perusahaan rintisan Indonesia, yaitu Kata.ai, Seruniaudio, SAFT7ROBOTICS, Squline, dan Mycotech. Keberangkatan Indonesia ke ajang tahunan ini juga didukung Telkomsel NextDev, di mana perusahaan telekomunikasi tersebut memberangkatkan Vestifarm, salah satu perusahaan rintisan lulusan The NextDev Academy,” jelas Josua.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati menjelaskan keikutsertaan Vestifarm dalam Pavilion Archipelageek SXSW 2018 yang merupakan program Bekraf menjadi kebanggaan tersendiri bagi program Telkomsel NextDev.

“Kami berharap kolaborasi yang kami lakukan ini dapat mendukung usaha pemerintah dalam membawa nama Indonesia ke level internasional, sebagai negara yang kaya kreativitas dan penuh akan talenta muda yang ingin membuat perubahan lewat teknologi,” ungkap Adita.

Lebih lanjut menjelaskan proses kurasi dan seleksi perwakilan Indonesia untuk SXSW 2018, Andi Sadha selaku Head of Committee Archipelageek berbagi mengenai suka citanya terhadap kualitas dari para peserta.

“Dari proses seleksi, kami melihat potensi dan kualitas produk yang beragam. Di tahun ini, Indonesia perlu berbangga hati karena selain Efek Rumah Kaca, dua musisi lainnya yaitu Rich Brian dan Kimokal dipilih langsung oleh pihak SXSW 2018. Dari industri perfilman, Minikino yang dikenal sebagai organisasi penyelenggara festival film pendek, juga akan mewakili Indonesia di ajang tersebut,” ungkap Andi.

Tetap mengusung tema yang sama, “Archipelageek” dari Indonesia ke Austin SXSW 2018 yang terinspirasi dari filosofi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia di mana dapat menjadi ikon potensi bidang teknologi dan digital dengan secara terus-menerus menginisiasi berbagai produk aplikasi digital dan kreatif revolusioner. Selama ini, kondisi geografis Indonesia juga menjadi inspirasi bagi para insan kreatif tanah air dalam menciptakan karya kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Gelaran akbar SXSW 2018 ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dunia terhadap produk dan talenta kreatif Indonesia. Tak hanya itu, ajang ini bertujuan untuk menciptakan peluang lebih banyak lagi kepada para pelaku ekonomi kreatif Indonesia agar semakin siap memasuki pasar dunia yang lebih besar dan kompetitif. Sehingga, melalui kesempatan ini diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi kemajuan ekosistem ekonomi kreatif tanah air di masa depan.

Dalam acara yang dihadiri oleh para peserta dari ratusan negara tersebut, Efek Rumah Kaca direncanakan akan tampil memberi ‘warna’ dalam SXSW 2018. Tak ketinggalan, duo pemusik bergenre elektronik asal Jakarta, Kimokal, juga akan tampil memeriahkan ajang bergengsi tersebut.

Keberangkatan perwakilan Indonesia ke negeri Paman Sam tersebut juga disambut gembira oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Houston, Amerika Serikat. Sebagai bentuk dukungan KJRI Houston terhadap program Archipelageek, rencananya para wakil Indonesia akan dipertemukan dengan Chamber of Commerce di Houston untuk membangun jaringan bisnis.

“Kami berharap kepada masyarakat agar turut mendukung dan memberikan semangat kepada para wakil Indonesia agar tampil maksimal dalam acara akbar ini. Begitupun sebaliknya, semoga kiprah para wakil dari Indonesia ini dapat menjadi semangat baru untuk kemajuan ekonomi kreatif di tanah air,” tutup Ricky Pesik.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU