Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jember Ditetapkan KLB Difteri, Bupati Galakkan Imunisasi Massal

Cakrawala Daerah
17 Jan 2018
Jember Ditetapkan KLB Difteri, Bupati Galakkan Imunisasi Massal

hariansuara.com, Jember - Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) wabah difteri. Bupati langsung menggalakkan imunisasi massal.

“Status KLB ini untuk memproteksi daerah Jember secara epidemologi dan menyelamatkan generasi dari kasus difteri,” tegas Bupati Faida dalam keterangan tertulis Humas Pemkab Jember.

Penetapan status ini menyusul status KLB Difteri Jawa Timur yang ditetapkan Gubernur Jawa Timur. “Harus dilakukan proteksi di daerah seperti amanah UU dan instruksi dari Gubernur Jawa Timur agar tidak meluas dan epidemik hingga tidak ditemukan lagi kasus difteri,” ujar Bupati Faida.

Terkait Imunisasi, Bupati menegaskan pemerintah melakukan upaya massif. “Upaya pencegahan bagi carier dan suspect difteri harus dilakukan secara gropoyokan melibatkan seluruh fasilitas kesehatan baik fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan fasilitas kesehatan tingkat lanjut (FKTL),” tuturnya lagi.

Usia sasaran imunisasi yakni 1 – 19 tahun, melibatkan seluruh Posyandu, Puskesmas, Faskes, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, universitas dan pondok pesantren.

Perempuan pertama Bupati Jember ini juga memerinthakan seluruh fasilitas kesehatan melakukan penyelidikan kepada setiap kasus difteri, memonitoring, dan mengevaluasi setiap bulan. Kepala Dinas Kesehatan dr. Nurul Qomariyah menjelaskan, kasus difteri mewabah mayoritas karena tidak adanya imunisasi. “Ini kenyataannya bahwa sebagian besar tidak diimunisasi,” ujarnya. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X