Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

5 Hal Penting Untuk Mengolah Waktu dan Perbuatan

Inspirasi
12 Mar 2018
5 Hal Penting Untuk Mengolah Waktu dan Perbuatan

hariansuara.com, Jakarta - Waktu adalah sesuatu yang sudah ada pada setiap orang sejak dilahirkan, gratis, berlaku adil, tidak bisa disimpan, senantiasa berlalu, dan sedihnya tidak bisa kembali. Sedangkan perbuatan adalah sesuatu yang pasti mendatangkan akibat, juga menjadi penyebab, dan merupakan harta, karena terdiri dari kehendak pikiran, ucapan, dan tindakan.

Waktu berlaku sama bagi semua orang, yaitu 24 jam sehari, tanpa kecuali. Perbuatan juga berlaku sama kepada semua orang, meliputi kehendak, pikiran, ucapan, dan tindakan. Tetapi, walaupun keduanya sama berlaku bagi semua orang, penggunaannya yang oleh manusia tidak sama. Karenanya, penting mencermati cara mengolah waktu dan perbuatan yang tepat untuk menghasilkan pekerjaan besar.

Inspirator dan motivator Teng Hui, membagi 5 hal penting untuk Anda agar sukses dengan mengolah waktu dan perbuatan

1. Target
Target adalah sasaran atau tujuan yang harus dicapai dalam waktu yang telah ditentukan. Waktu adalah modal kerja kita. Tentukan target realistis yang bermanfaat buat diri sendiri dan juga lingkungan sekitar, lalu segera menyusun target. Mulai dari target minggu ini, bulan ini, tahun ini sampai target jangka panjang. Orang yang produktif selalu memulai dengan manajemen waktu, baru ke pekerjaannya. Hentikan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, karena menunda kebaikan identik dengan mengubah keberuntungan jadi kerugian.

2. Tekad dan keyakinan
Target sudah dicananangkan, perencanaan waktu sudah matang, tinggal sekarang Anda berjuang dengan tekad, keyakinan dan semangat yang bulat.

3. Cermat dan Tangkas
Optimasi dalam mencapai target tidak selesai hanya sekadar membuat target dan semangat yang kuat. Perlu satu hal utama lagi, yaitu kecermatan dan ketangkasan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif.

4. Fokus dan Teguh
Pusatkan perhatian pada tindakan nyata sesuai target yang digariskan dalam timetable yang sudah ditetapkan. Teguh dalam jalan yang ditapak, dalam arti tidak mudah putus asa atau patah semangat.

5. Wawasan dan pengetahuan
Wawasan adalah batas pandang. Penting Anda jauhkan jarak pandang dan perluas wawasan. Bagaimana caranya? Cermati pengetahuan atau ilmu dan informasi terkait target dan cara meraihnya melalui pengalaman sendiri maupun dari experience orang lain.

Dengan memiliki wawasan dan pengetahuan, jerih payah yang kita tumpahkan akan menjadi lebih efisien. Pengaturan cara kerja lebih sistematis, melakukan juga evaluasi hasil kerja secara berkala. Termasuk dalam wawasan dan pengetahuan adalah faktor pendelegasian tugas dan kewenangan.

Dengan mendelegasikan pekerjaan, waktu yang kita peroleh menjadi lebih banyak dengan hasil yang maksimal. Wawasan dan pengetahuan bukan untuk diri sendiri melainkan juga perlu dibagikan ke seluruh jenjang komponen personalia dengan mengikuti penataran, sharing, memberikan motivasi yang bermanfaat dan lain-lain agar dapat memperkecil risiko yang akan terjadi. (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU