Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Kata Motivator Soal Kebodohan Batin Yang Harus Dihindari

Inspirasi
09 May 2018
Kata Motivator Soal Kebodohan Batin Yang Harus Dihindari

hariansuara.com, Jakarta - Manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai logika, kepintaran, dan kesadaran akan benar salah, baik buruk, dan pantas tidak pantas yang terbaik di antara semua makhluk hidup. 

Teng Hui, motivator sekaligus inspirator kepada hariansuara.com, mengatakan sangat disayangkan jika kita sebagai manusia menyia-nyiakan kualitas gemilang ini, membiarkan diri menjadi si dungu berpasrah pada garis hidup tak menentu.

Kebanyakan orang mempunyai pemahaman bahwa kebodohan adalah kondisi tidak bisa membaca dan menulis, atau bertingkat kecerdasan di bawah standar, sampai-sampai orang yang miskin materi pun sering dianggap sebagai orang bodoh. 

Jarang sekali disadari bahwa ada kebodohan yang sangat berbahaya yaitu kebodohan batin yang mengakibatkan penderitaan fatal. Kebodohan batin ini adalah tidak memahami hukum alam, yaitu di mana ada kelahiran, di sana ada konsekuensi kematian. Karena tidak cukup dalam memahami hal ini, orang tidak membekali hidupnya dengan berbuat hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan. 

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa kematian bukan hal yg perlu dipikirkan, termasuk bekal kematian pun tak perlu dipersiapkan. Baginya hal paling penting dalam hidup adalah menuruti kesenangan indrawi. Hari-harinya sehingga hanya digunakan untuk mencari hal-hal yang dapat memenuhi nafsu kesenangan indrawinya. Cara berpikir demikian inilah yang dimaksud pemikiran orang yang bodoh batin. 

Dunia memang selalu menyodorkan dan memprogandakan kenikmatan indrawi, tapi itu semua bersifat menutupi penderitaan yang ada untuk sementara waktu saja.

Dengan tidak menyadari kenyataan ini dan demi mendapatkan kenikmatan indrawi, walaupun tidak bermanfaat, orang tetap saja mengejarnya tiada henti, sebaliknya mengabaikan hal yang bermanfaat. Inilah kebodohan batin. 

Teng Hui mengatakan musuh paling jahat bagi setiap orang adalah kebodohan batin karena segala kejahatan dan penderitaan hidup berasal dari kebodohan batin ini.  Buta huruf bukanlah hal bagus, namun masih lebih bagus dibandingkan menjadi buta mata batin. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X