Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Gedung Putih Akan Pertimbangkan Lebih Banyak Sanksi Terhadap Rusia

Internasional
17 Apr 2018
Gedung Putih Akan Pertimbangkan Lebih Banyak Sanksi Terhadap Rusia

hariansuara.com, Washington - Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk menerapkan lebih banyak sanksi pada Rusia dan keputusan akan dibuat "dalam waktu dekat," kata Gedung Putih pada hari Senin.

"Kami sedang mempertimbangkan sanksi tambahan terhadap Rusia dan keputusan akan dibuat dalam waktu dekat," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders dalam sebuah pernyataan.

Pengumuman itu datang satu hari setelah pejabat senior AS mengungkapkan Washington sedang mempersiapkan untuk meluncurkan babak baru sanksi di Moskow pada Senin karena dukungannya terhadap pemerintah Suriah.

Nikki Haley, duta besar AS untuk PBB, mengatakan pada hari Minggu bahwa sanksi baru, jika mereka siap, akan diumumkan oleh Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

"Mereka akan pergi langsung ke perusahaan apa pun yang berurusan dengan peralatan yang berkaitan dengan Assad dan penggunaan senjata kimia," kata Haley.

Hubungan Washington-Moskow terus memburuk atas dugaan serangan senjata kimia di Suriah pada 7 April, ketika Presiden AS Donald Trump menuduh Rusia, bersama dengan Iran, atas dukungan mereka terhadap pemerintahan Assad di Suriah, yang Washington katakan harus bertanggung jawab atas insiden mematikan itu. 

Amerika Serikat, Inggris dan Perancis pada Sabtu meluncurkan serangan rudal di ibu kota Suriah Damaskus dan provinsi pusat Homs karena pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia di distrik yang dikuasai pemberontak di timur Damaskus pekan lalu.

Pemerintah Suriah telah membantah keras tuduhan itu, menyerukan Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia untuk mengirim misi pencari fakta untuk penyelidikan.

Pada hari Minggu, Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Iran Hassan Ruhani mengutuk serangan udara melalui telepon, menyetujui bahwa "tindakan ilegal itu secara serius merusak prospek untuk penyelesaian politik" di negara yang dilanda perang.

"Putin secara khusus menekankan bahwa jika tindakan seperti itu, yang dilakukan dengan melanggar Piagam PBB, berlanjut, pasti akan menyebabkan kekacauan dalam hubungan internasional," kata pernyataan itu.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X