Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Ini 7 Cara Mudah Lagi Efektif Redakan Sakit Digigit Nyamuk

Kesehatan
05 Jul 2018
Ini 7 Cara Mudah Lagi Efektif Redakan Sakit Digigit Nyamuk

hariansuara.com, Jakarta - Saat ini segala sesuatu serba canggih, dan bekas gigitan nyamuk 'Zaman Now' semakin yahud. Seperti tak tampak, tahu-tahu menyebabkan kulit panas, bengkak, memerah dan gatal. Ya, itulah ekses dari sengatan nyamuk! Repotnya, nyamuk ada di mana saja, tak terkecuali Anda, misalnya, tinggal di apartemen lantai 16. 

Jangan anggap serangga ringan yang hanya 0,001 gram, karena  'senjata' nyamuk, super canggih. Ada 100 mata di kepalanya, 48 gigi di mulut, 3 jantung lengkap di dada, masing-masing punya 2 atrium, 2 bilik dan 2 katup. Ia juga punya sensor panas untuk memonitor keadaan sekeliling waktu memburu calon korbannya. 

Begitu target didapat, ia langsung menjejakkan kakinya menyerupai alat bekam, tanpa terpeleset meski kulit licin ber-lotion. Dengan cepat ia mengoyak kulit dengan 4 pisau segi empat di belalainya, lalu dua pisau lainnya membuat lubang untuk darah yang diisapnya. Ajaibnya, proses menggigit itu tidak sebabkan sakit. Justru sesudah digigit, kulit akan terasa gatal, memerah, panas dan perih. Berikut cara meredakan sakitnya:

1. Olesi Lidah Buaya

Tanaman jenis Aloe ini antiseptik alami yang sangat super. Olesi kulit yang gatal, panas dan bengkak dengan daging atau lendiri lidah buaya. Biarkan meresap, kulit kembali normal.  

2. Larutan Garam

Sifat anti-inflamasi dan antiseptik pada garam sangatlah kuat. Setelah digigit nyamuk, cepat buat adonan garam dapur dam air, lalu usapkan pada bekas gigitan nyamuk. Biarkan sejurus, lalu bilas. 

3. Kompres dengan Es Batu

Orang tua bilang, di rumah selalu siapkan es batu dalam freezer. Banyak gunanya, i antaranya untuk kompres kulit yang panas dan gatal akibat gigitan nyamuk. Dinginnya es batu membuat kulit jadi baal, dan tidak terasa sakit lagi. 

4. Minum atau Olesi Obat Antihistamin 

Antihistamin obat antialergi untuk pereda radang dan alergi. Pada kulit, itu akibat dari gigitan nyamuk. Jika radangnya terus parah, minum 1 tablet antihistamin. Jika tidak terlalu berat kondisinya, cukup olesi krem antihistamin pada area bekas gigitan nyamuk. 

5. Oleskan Pasta Gigi Biasa

Kandungan pepermin pada pasta gigi biasa mirip obat yang dapat meredakan kulit bengkak akibat gigitan nyamuk. Hanya yang dipakai pasta gigi biasa, bukan gel ya. Rasakan sensasi dingin pasta gigi pada kulit, bilas setelah kulit pulih.

6. Olesi Irisan Jeruk Lemon 

Buah yang mengandung antiseptik dan antiinflamasi, seperti jeruk lemon, ampuh untuk  mengatasi bengkak dan gatal yang menyiksa akibat gigitan nyamuk. Pertama, cuci bagian kulit yang digigit nyamuk, lalu olesi irisan jeruk lemon. Terasa perih sebentar, memang, tapi sebentar kemudian bengkak dan kulit memerah sirna.

7. Bubuhi Alkohol 70%

Alkohol 70% adalah antiseptik alami juga yang dapat mengurangi kulit bengkak dan merah akibat gigitan nyamuk, sekaligus mencegah berlanjut menjadi infeksi. Panas saat dibubuhkan, memang, tapi hanya sebentar, lalu kulit normal kembali. 

8. Usapkan Minyak Kayu Putih

Aroma dan sifat hangat minyak kayu putih terbukti mampu melenyapkan rasa gatal, bengkak dan panas pada kulit. Begitu terasa sakit, cuci kulit yang digigit nyamuk, lalu usapkan minyak kayu putih berkali-kali hingga keluhan lenyap.

Suatu ketika Dr. Summer Allen dari Mayo Clinic mengatakan, bekas gigitan nyamuk itu akan semakin bereaksi akibat air liur nyamuk yang tertinggal pada kulit bekas gigitannya. Untuk itu disarankannya agar tidak segera menggaruknya, karena bisa makin hebat efeknya, bahkan jadi infeksi. Bila digigit nyamuk, tenangkan hati, lalu segera cuci kulit bekas gigitan nyamuk, dan olesi dengan antiseptik. (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X