Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Gali 5 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Makan Cokelat

Kesehatan
11 Jul 2018
Gali 5 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat  Makan Cokelat

hariansuara.com, Jakarta  - Cokelat dapat meningkatkan kesehatan. Namun perlu ditekankan kata kunci di sini adalah "dapat." Tergantung pada cokelat yang  dimakan dan tentu saja berapa banyak Anda memakannya. 

"Carilah yang setidaknya mengandung 70 persen kakao," kata Cordialis Msora-Kasago, RD, manajer nutrisi  Sodexo dan Akademi Nutrisi dan Diet. "Semakin tinggi persentasenya, semakin bergizi cokelatnya."

"Juga periksa bahan lainnya seperti gula," kata Jeff Csatari, penulis The 14-Day No Sugar Diet. Dijelaskannya, makan cokelat gelap juga masih mengonsumsi gula dan kalori dalam jumlah yang cukup signifikan. Lantaran gula ini menggantikan padatan kakao yang sejatinya baik untuk kesehatan. Untuk itu, manjakan diri dengan makanan yang manis ini, tapi tinggi kadar kakaonya seperti cokelat hitam.

Untuk nutrisi yang Anda dapatkan dari cokelat kaya kakao yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? 

1. Mengurangi Risiko Penyakit Utama Anda

Kaya flavonoid (antioksidan kuat), cokelat bekerja membantu pembuluh darah relaks dan menurunkan tekanan darah. Hal ini besar sekali manfaatnya, seperti meningkatkan kolesterol HDL (atau "baik") dan LDL (atau "buruk"), yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi cokelat dapat bantu menurunkan risiko ritme detak jantung berdetak cepat, yang acap menyebabkan masalah jantung atau stroke

2. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Peradangan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, dari sakit kepala hingga nyeri otot dan tendon. Cokelat dapat memberikan efek anti-inflamasi ke seluruh sistem tubuh, sehingga Anda tercegah dari berbagai penyakit. 

3. Mencegah Pembekuan Darah

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menyatakan, kandungan polifenol cokelat dapat meningkatkan aliran darah. Dengan memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah maka ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah.

4. Mendukung Pikiran dan Suasana Hati

Ada banyak penelitian seputar efek cokelat pada otak. Cokelat membantu mengatur hormon serotonin dan dopamin yang baik, sehingga dapat menceriakan suasana hati.

5. Membantu Soal Berat Badan

Untuk penatalaksanaan berat badan, cokelat dapat memainkan perannya dalam mengurangi resistensi insulin, sekaligus menjaga kadar gula darah. Ada studi yang menemukan, cokelat dapat menurunkan berat badan. Berat Massa Index (BMI) yang sehat akan dicapai jika cokelat dimakan 30 gram sehari atau lebih untuk kurun waktu antara 4-8 minggu. (*/Berbagai Sumber)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X