Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Semua Pasti Menyerah Jika Hidup Tanpa Air!

Kesehatan
11 Jul 2018
Semua Pasti Menyerah Jika Hidup Tanpa Air!

hariansuara.com, Jakarta - Air dalam tubuh sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap makhluk hidup, termasuk Anda. Pasalnya, 50% tubuh manusia terdiri dari air. Air tubuh inilah, menurut fisiolog, yang menjaga sistem dan organ tubuh berfungsi dengan baik. Untuk itu, wajib mengganti air yang hilang dari tubuh lewat keringat, air seni, bahkan saat bernapas sekalipun. Jadi, betul manusia tak bisa hidup tanpa air?

Ya, pasti, setidaknya bila merujuk pada hasil riset para ahli yang tertuang di Archiv Fur Kriminologie. Disimpulkan, manusia akan menyerah lebih dari 8 hingga 21 hari, tanpa makanan dan air. Bahkan seseorang yang tersesat di hutan sebulan lamanya tanpa makan, ia tetap hidup dengan minum air saja. 

Risiko tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, secara klinis, banyak. Mulai dari sel-sel tubuh yang menyusut, lalu temperatur (suhu) tubuh dan tekanan darah jadi naik-turun, fungsi ginjal membuang limbah keluar ikut terganggu, sampai ekses fatal berujung pada kematian. 

AYO, CUKUPI KEBUTUHAN TUBUH AKAN AIR 

Seberapa banyak harus minum? Tergantung, karena kebutuhan tiap orang tidak sama. Perempuan, karena punya lebih banyak jaringan, maka butuh air lebih sedikit dibandingkan pria. Ragam aktivitas juga menentukan. Anda atlet, misalnya, akan butuh lebih banyak air daripada karyawan yang bekerja di belakang meja. Kondisi alam pun jadi penentu. Anda butuh asupan air lebih banyak saat musim kemarau ketimbang musim penghujan. 

Selama ini disarankan sedikitnya minum 2 liter air setiap hari. Namun rekomendasi terkini dari U.S. Reference Dietary Intake (RDI), per hari, perempuan butuh minum 2,7 liter dan pria 3,7 liter. Bahkan Anda yang banyak beraktivitas di bawah sinar matahari, butuh asupan air sampai 16 liter!

Wow, asupan air sebanyak itu? Mungkin Anda merasa masukan itu untuk orang lain. Bukan buat Anda, karena toh Anda baik-baik saja dan tidak merasa haus. Tetap Anda harus minum. Tubuh sejatinya telah menyampaikan sinyal kalau tubuh membutuhkan air. Bukan berupa rasa haus saja, melainkan berupa sinyal-sinyal fisik lainnya. Apa sajakah itu? 

Sinyal paling kuat yang tampak adalah air seni yang keruh saat buang air seni. Anda merasa haus atau tidak, wajib segera minum. Gejala dehidrasi lainnya berupa mulut, mata dan kulit yang terasa kering. Kepala juga sakit, otot dan sendi terasa nyeri saat digerakkan. Anda dirundung kantuk yang sangat, meski sudah cukup tidur. Sinyal lainnya yang kasat mata adalah sembelit, susah buang air besar. 

Nah, untuk mencegah dehidrasi, praktisnya bawa selalu air mineral kemasan, yang betul-betul mampu membuat air tubuh tetap Anda terjaga. Bagus juga Anda konsumsi buah dan sayuran yang cukup mengandung air, seperti blewah, semangka, kol/ kubis, seledri, dan timun. Yang pasti, semua butuh air untuk tetap hidup sehat. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X