Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Studi: Tiga Puluh Menit Mandi Sauna Dapat Kurangi Hipertensi

Kesehatan
08 Jan 2018
 Studi: Tiga Puluh Menit Mandi Sauna Dapat Kurangi Hipertensi

hariansuara.com, Jakarta - Menderita hipertensi? Mandi sauna 30 menit dapat membantu mengurangi tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa  setelah 30 menit mandi sauna, tekanan darah sistolik rata-rata akan berkurang dari 137 mmHg menjadi 130 mmHg, dan tekanan darah diastolik (di bawah) dari 82 mmHg sampai 75 mmHg. Tekanan darah sistolik tetap turun bahkan setelah 30 menit mandi sauna. 

Selanjutnya, para peneliti mengamati peningkatan kepatuhan vaskular, sementara juga meningkatkan denyut jantung yang serupa dengan latihan intensitas menengah. 

"Penelitian ini menunjukkan  mandi sauna selama 30 menit memiliki efek menguntungkan pada kekakuan arteri, BP, dan beberapa biomarker berbasis darah, " kata periset yang dipimpin oleh Jari Laukkanen, Profesor dan Ahli Jantung di Universitas Finlandia Timur dikutip dari Science Daily, Senin, (8/1).

Temuan ini menjelaskan manfaat kesehatan dari mekanisme fisiologis yang disebabkan oleh paparan panas sauna.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mandi sauna secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit koroner dan kematian jantung mendadak, hipertensi, penyakit Alzheimer dan demensia. Mandi sauna sering juga dikaitkan dengan berkurangnya penyakit pernafasan dan tingkat CRP yang lebih rendah. 

Studi baru yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology, tim menganalisis efek mandi sauna 30 menit terhadap 100 peserta untuk memahami perubahan yang terjadi di tubuh manusia selama dan setelah melakukan sauna. Kepatuhan vaskular diukur dari arteri karotis dan femoralis sebelum sauna, segera setelah sauna, dan setelah 30 menit.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X