Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Produksi Batik Perlu Teknologi

Lifestyle
15 Aug 2016
Produksi Batik Perlu Teknologi

 

Jakarta - Tak dipungkiri teknologi berkembang semakin canggih dari hari ke hari.   CEO Batik Keris, Handianto Tjokrosaputro mengatakan,  apapun produksi yang dibuat termasuk juga dalam memproduksi  batik mau tidak mau harus mengadaptasi teknologi terkini.

 

Bukan tanpa alasan, Hadianto berujar dalam acara diskusi Batik dan Habibie di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu, (13/8/2016), "  Bagaimanapun kita menggunakan atau mengaplikasikan teknologi itu untuk membuat produksi semakin efisien dan berkualitas bagus."

 

Hanya saja, esensi Batik tidak boleh hilang. Hadiyanto bilang, batik itu ada prosesnya dan harus dipertahankan. Desain motif batik bisa dibuat dengan menggunakan komputer, selain itu pewarnaaan juga dapat memanfaatkan teknlogi,  cuma membuat batik tetap harus menggunakan  tangan.

 

“Jadi misalnya membuat seni pahatan atau  kerajinan tangan, bahan bakunya berupa kayu menggunakan teknologi misalnya untuk mengukur  kelembaban agar mutunya terjamin. Ketika memahat kita menggunakan tangan. Kerajinan tangan masih nampak disitu sama halnya dalam membuat batik.” tuturnya.

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X