Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Anda Tidak Akan Percaya 5 Rumah Keren Ramah Lingkungan Ini Terbuat Dari Apa

Properti & Investasi
08 Jul 2018
Anda Tidak Akan Percaya 5 Rumah Keren Ramah Lingkungan Ini Terbuat Dari Apa

hariansuara.com, Jakarta - Sementara sebuah rumah yang terbuat dari jerami tidak populer di Indonesia atau bahkan tidak ada yang membuatnya. Di luar negeri konstruksi bangunan menggunakan jerami ternyata menjadi bahan yang sustainable ramah lingkungan dan sempurna untuk properti modern. 

1. Strawbale Getaway, Colorado, AS

Rumah  jerami di Colorado ini dirancang untuk berfungsi sebagai tempat peristirahatan yang tenang bagi penghuninya dan para tamu yang berdampak minimal pada lingkungan sekitarnya. Dibangun dengan mengompres dan mengikat sejumlah besar jerami untuk membuat blok yang dapat ditumpuk untuk membentuk dinding-dinding properti. Jerami diproduksi secara lokal dan panel surya ditambahkan dan menghasilkan rumah yang hemat energi.

2. The Gatehouse, Dumfries, Skotlandia

Rumah ini mungkin terlihat seperti rumah hobbit dari Lord of the Rings, tapi ini adalah salah satu rumah paling ramah lingkungan di Skotlandia. Pemiliknya, Steve James, membangun eco-cottage dengan anggaran  5,300 dollar AS dan membuktikan bahwa jerami adalah hemat biaya dan ramah lingkungan.

3. The Jill Strawbale House, Stronthian, Skotlandia

Properti minimalis dua kamar di Scottish Highlands ini dirancang menjadi rumah ramah lingkungan. Listrik yang dihasilkan menggunakan turbin hidroelektrik. Sebanyak 500 bal jerami ditumpuk dengan rapat untuk membentuk dindingnya. Kedua bahan jauh lebih murah dan mudah diakses daripada batu bata konvensional, batu dan plester.

4. Pale pink straw bale house, New Mexico, AS

Rumah di Albuquerque, New Mexico, ini dulunya adalah struktur bangunan satu lantai, tetapi para pemiliknya mengeluh rumah ini memeras biaya energi yang berlebihan karena isolasi yang buruk dan kurangnya ventilasi yang layak. Dia pun mengubahnya menjadi rumah ramah lingkungan dua lantai dengan bantuan jerami dan plesteran.

5. Modern mining-style residence, Colorado, AS

Rumah ramah lingkungan ini terinspirasi oleh struktur pertambangan tua Colorado. Terletak di daerah berbukit di dekat sebuah resor ski, rumah ini memiliki jendela besar dan dek yang luas di mana penghuni dapat menikmati pemandangan pegunungan bersalju yang indah. Pemilik rumah memilih jerami sebagai bahan bangunan utama  ketika mempertimbangkan potensinya sebagai properti sewa untuk musim ski dan ramah lingkungan.(*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X