Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Akan Ada Kompetisi Mencari Barista Terbaik di Hotelex Indonesia

Wisata
07 Jul 2018
Akan Ada Kompetisi Mencari Barista Terbaik di Hotelex Indonesia

hariansuara.com, Jakarta - Dalam event Hotelex Indonesia yang akan diselenggarakan pada 18-20 Juli 2018 di JIEXPO Kemayoran akan ada  pencarian bakat barista terbaik di negara ini.

Indonesia Brewers Cup 2018 (IBRC 2018), Indonesia Latte Art Championship (ILAC 2018) dan Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC) semuanya akan berlangsung di acar ini dan akan menampilkan 24 peserta yang akan bersaing untuk menjadi pemenang pertama dan akan mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Brasil pada November 2018.

 Indonesia Coffee Event (ICE) yang diselenggarakan oleh Barista Guild Indonesia (BGI) bagian dari Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) merupakan acara tahunan yang ke-7 kalinya diselenggarakan. Tiga kompetisi yang akan dipertandingkan adalah Indonesia Brewers Cup (IBRC) Indonesia Brewers Cup diikuti oleh Brewer-Brewer potensial yang dibebaskan untuk memilih kopi single origin yang akan di presentasikan.

"Tentu tak cukup dengan  rasa dan aroma kopi saja untuk menyisihkan pesaing Brewer lainnya. Dibutuhkan serangkaian riset, latihan repetitif, instrumen yang presisi untuk mendapatkan potensi maksimal kopi. Ditambah kecakapan dalam presentasi juga harus bisa meyakinkan juri bahwa kopi inilah yang terbaik. Indonesia Latte Art Championship 2018 (ILAC 2018) menunjukkan peserta yang telah melalui serangkaian proses. Para barista harus menampilkan free pour style dan decorative style, yaitu seni menuang latte yang menampilkan desain-desain menarik baik dengan cara free pour maupun dengan etching." kata Project Director PT Pamerindo Indonesia,Wiwiek Roberto.

Penilaiannya akan berdasarkan atribut visual, kreatifitas dan pola yang identic pada tiap cupnya. Yang terakhir, adalah Indonesia Cup Tasters Championship 2018 (ICTC 2018). Para Barista bertanding adu cepat dan tepat dalam megidentifikasi kopi secara blind test. Atribut rasa dan aroma kopi memang menjadi pembeda kopi origin satu dengan lainnya, namun  tentu harus didukung dengan penginderaan yang tepat untuk bisa mendiferesiasi kopi dengan cepat

Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Syafrudin memperkirakan produksi kopi di Indonesia pada 2018 akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Menurutnya, perbaikan ini bisa dilihat dari sisi kualitas dan kuantitas. Meningkatnya kualitas kopi dari sisi petani ini, akan turut mendongkrak harga kopi. Syafrudin berpendapat, selain karena kualitas yang membaik, harga kopi akan turut meningkat lantaran semakin banyaknya permintaan pasar. peningkatan produksi kopi ini dikarenakan cuaca di tahun 2018 yang lebih baik.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X