Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Bakal Calon Bupati Jember Hendy Siswanto: Petani Jember Harus Makmur

Cakrawala Daerah
12 Nov 2019
Bakal Calon Bupati Jember Hendy Siswanto: Petani Jember Harus Makmur

hariansuara.com,Jember - Pertanian merupakan salah satu sektor yang penting bagi Kabupaten Jember. Tak hanya memiliki lahan pertanian yang luas, Jember juga diberkahi tanah yang subur.

Setidaknya ada tiga produk pertanian unggulan di Jember, yakni tembakau, padi, dan kopi. Sayangnya, kekayaan alam yang berlimpah tak berbanding lurus dengan kesejahteraan para petani.

Hal itu menjadi perhatian serius bakal calon bupati Jember, Hendy Siswanto. Baginya, kesejahteraan petani adalah harga mutlak yang harus diwujudkan segera.

“Kita semua sama-sama tahu bahwa Jember ini tanaman apa saja bisa tumbuh dengan baik. Tapi, kenapa para petani dari tahun ke tahun belum sejahtera? Ini menandakan ada masalah yang harus dibenahi,” ujar Hendy Siswanto saat bertemu dengan kelompok tani Jember di Kecamatan Rambipuji, Minggu (10/11/2019).

Hendy Siswanto melanjutkan bahwa persoalan yang dihadapi oleh petani tak akan selesai jika pemerintah daerah tak mengambil tindakan. Petani butuh pendampingan dan bantuan, dimulai dari proses produksi hingga pemasaran hasil pertanian.

“Sekarang para petani dilepas begitu saja. Mereka kebingungan ketika harga pupuk tinggi, tapi di saat masa panen harga produk mereka anjlok. Di sinilah pemerintah harus ambil bagian,” jelasnya.

Ia menilai bahwa Jember membutuhkan industri pengolahan pupuk. Sehingga dengan adanya industri pupuk diharapkan bisa meringankan beban para petani.

Tidak cukup sampai disitu, pemerintah daerah juga dituntut untuk mampu menjaga kestabilan harga di saat musim panen. Hal itu semata-mata agar para petani mendapatkan hasil yang sesuai dengan haknya.

“Wes wayahe mbenahi Jember. Sudah saatnya petani bangkit dan makmur. Sebab petani merupakan denyut nadi bagi Jember. Jika petaninya makmur, insyaalloh sektor lainnya akan mengikuti menjadi lebih baik,” pungkasnya.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X