Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Antisipasi Cegah Penyebaran COVID-19 di Kota Jember

Cakrawala Daerah
10 Jun 2021
Antisipasi Cegah Penyebaran COVID-19 di Kota Jember

hariansuara.com, Jember - Pandemi COVID-19 belum lagi sirna, masih terus berfluktuasi. Beberapa daerah di Jawa Timur pun menunjukkan lonjakan kasus positif COVID-19 yang signifikan. 

Kabupaten Jember sebagian besar menunjukkan perkembangan ke arah yang menggembirakan. Namun, tetap harus waspada. Tidak bisa kasih kendur untuk melindungi diri dari COVID-19. 

Terbukti, baru lalu masih ditemukan warga yang  meninggal akibat  COVID-19. Disebut Probable COVID-19 yaitu diyakini sebagai suspek (dulu disebut PDP, Pasien Dalam Pengawasan).

Keluhannya, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Berat atau gagal nafas akibat alveoli paru-paru penuh cairan (ARDS, acute respiratory distress syndrome), yang mengakibatkan penderita meninggal dunia. 

Di lingkungan terdekat pun dilakukan langkah antisipatif dengan penyemprotan disinfektan, di antaranya di Perumahan Milenial RT 01 RW 10, Kelurahan Mangli dan di Hotel Kebun Agung sore tadi, Rabu (9/6/21).

Sebagai info, Hotel Kebun Agung ditunjuk menjadi rumah singgah bagi PMI (Pekerja Migran Indonesia) untuk isolasi mandiri. Mereka ditempatkan di sana sebelum Tes PCR Tahap II di hari ke-5  setelah kedatangan. 

"Penyemprotan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dan Hotel Kebun Agung sebagai rumah singgah pekerja migran sebelum melakukan Tes PCR Tahap II pada hari ke-5 setelah kedatangan," ungkap M Jamil PLT BPBD Kabupaten Jember.

Diingatkannya kembali, masyarakat seluruhnya tetap disiplin mencegah tersebarnya COVID-19. Disiplin  ketat menerapkan 5M dalam aktivitas keseharian:

1. Mengenakan  masker, 

2. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, 

3. Menjaga jarak,

4. Menjauhi kerumunan, serta 

5. Membatasi mobilisasi dan interaksi 

Memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tidak bisa dilakukan sendiri atau orang per orang, melainkan harus bersama-sama. Dengan peran aktif masyarakat mencegah  penularan COVID-19, terutama tidak berkerumun, lingkungan pun menjadi sehat. (*) Siti Muhanah/Abidin      Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X