Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Desain Lantai Atas Rumah dengan Balkon Multifungsi

Rumah
22 Nov 2016
Desain Lantai Atas Rumah dengan Balkon Multifungsi

 

 

Jakarta - Balkon sepertinya tak bisa dipisahkan menjadi bagian dari rumah. Area ruang mungil yang biasa dibanguan di lantai dua rumah ini menjadi andalan penghuni rumah untuk mempercantik kediamannya.

 

Arsitek interior Budi Atmaja menjelaskan balkon harus menyesuaikan dengan jenis model rumah. Tak hanya memberikan ‘nafas’ ruang lebih luas di dalam  rumah, balkon bia multifungsi untuk mempercantik desain interior rumah.

 

“Dengan balkon, area dalam rumah ada anggapan lebih luas dan bisa lebih cantik,” kata Budi dalam perbincangan dengan hariansuaracom, pekan lalu.

 

Budi mengatakan kesesuaian balkon dengan rumah harus menjadi perhatian utama. Model balkon harus disesuaikan karena ada jenis di interior dan eksterior rumah.

 

Kesesuaian model rumah dengan balkon harus dijadikan contoh seperti modern minimalis cocok untuk balkon jenis interior. Balkon interior ini bisa dipakai untuk suatu area pelengkap seperti ruangan menonton televisi.

 

Nah, di eksterior rumah yang cocok adalah balkon dengan tanaman hijau merambat. Bisa juga dengan tanaman hidup yang bisa menjadi pemanis. Dengan tanaman, balkon akan terasa lebih hidup.

 

“Hunian terasa lebih pas. Pandangan ke atas, lantai dua bisa lebih natural,” jelasnya.

 

Untuk rumah dengan gaya klasik juga bisa menerapkan model balkon yang berukuran besar. Model ini dilengkapi dengan sentuhan elemen kayu untuk mendukung tampilan balkon.

 

Tapi, dengan jenis klasik, model jenis balkon ini bisa dipakai dengan ornamen ukiran kayu ataupun besi. Boleh juga disesuaikan dengan gaya klasik agar tampilan lebih natural. Desain balkon klasik ini bisa dikrasikan dengan balkon ditonjolkan ke luar.

 

"Persis seperti balkon di hotel. Jadi, untuk ada tempat santai dengan tempat duduknya," tuturnya.

 

Dalam perkembangannya, balkon tak hanya untuk area jemur. Namun, balkon juga dimanfaatkan untuk ruang tambahan. Jika punya area yang lebih luas, penghuni rumah bisa memanfaatkan barang pelengkap seperti kursi dan meja makan.

 

“Bisa aja untuk seperti ini buat area santai keluarga,” tuturnya.

 

Namun, satu hal yang menjadi acuan adalah struktur rangka dan kontraksi balkon. Hal ini harus menjadi perhatian penghuni rumah. Kekuatan pondasi balkon harus disesuaikan agar struktur bangunan kuat dan tahan lama.

 

Kemudian, biasanya rumah lantai dua punya solusi penambahan ruang jika lahan rumah tak cukup untuk membangun taman di belakang rumah. Umumnya, banyak pemilik rumah yang menambah kanopi di lantai dua untuk mempercantik balkon.

 

“Ada kanopi ditambah tanaman hidup. Ini jadi pemanis dari sudut pandang yang melihat. Bisa dicoba kreatifitas seperti ini,” sebutnya.  (*)   Lia Andani

 

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X