Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Lenny Agustin Hadirkan Batik Xoela di JFW 2019

Fashion
25 Oct 2018
Lenny Agustin Hadirkan Batik Xoela di JFW 2019

hariansuara.com, Jakarta - Dalam fashion show JFW 2019 kali ini, Lenny Agustin (Lenny) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara (Sula) menampilkan  40 koleksi menggunakan kain-kain koleksi Batik Xoela. 

Kain-kain tersebut merupakan karya 23 perajin batik di Sula, yang dilatih membatik oleh Lenny dan tim dalam kurun waktu 6 (enam) bulan, sejak akhir 2017 hingga pertengahan 2018 lalu. 

Mengapa temanya Wansosa? Wansosa dalam bahasa Sula artinya Lebah. Dan Lebah merupakan salah satu ikon kebanggaan Sula, yang terkenal dengan madu asli dari lebah liar di hutan (bukan hasil ternak). Tak heran jika di Sula terdapat Taman Wansosa dengan instalasi patung Lebah di tengahnya. Ini juga yang menjadi alasan, Lebah dijadikan salah satu signature dominan dalam motif-motif Batik Xoela.

Lenny sendiri tertarik dengan filososi Lebah, yakni selalu bekerja keras bersama-sama untuk menghasilkan sesuatu yang manis, sama seperti kerjasamanya dengan pemda Sula. Wujud lebah, sarangnya, serta lingkungannya berkembang biak dan menghasilkan madu (alam dan bebungaan), ia terjemahkan ke dalam blus-blus berpotongan unik, rok-rok bervolume dan asimetris, jaket-jaket longgar, dan terusan yang dipadu-padankan satu dengan lainnya.

Warna yang dipilih dominan hitam, dilengkapi warna-warna gelap lainnya seperti biru donker, cokelat, dan marun. Namun warna cerah seperti oranye, biru, hijau, pink, dan ungu pun tetap dihadirkannya mewakili alam lingkungan hidup Lebah. Bahan batik yang digunakan adalah katun, dipadukan dengan bahan neoprene, kulit sintetis, dan polyester. 

Sedangkan untuk mempertegas tema, koleksi-koleksi ini juga dihiasi detail, aplikasi maupun aksesori yang terbuat dari sulaman, rajutan, fril dari potongan-potongan bahan neoprene, motif-motif lebah dari potongan kain, sayap-sayapan atau sarang dari kulit sintetis, hingga bentukan akrilik yang di-lazer cut. Untuk riasan, Lenny menggandeng Wardah Cosmetics; sepatu kolaborasi dengan Wanni Shoes; kalung dan detil aksesoris lainnya didukung oleh Art Square.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X