Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

LA MODE Sur La Seine à Paris Optimalkan Karya Desainer Indonesia Rambah Pasar Eropa 

Fashion
25 Sep 2019
LA MODE Sur La Seine à Paris Optimalkan Karya Desainer Indonesia Rambah Pasar Eropa 

hariansuara.com, Jakarta - Untuk kali kedua, Indonesian Fashion Chamber (IFC) tahun ini kembali menyelenggarakan fashion show berskala internasional LA MODE Sur La Seine à Paris di Kota Paris, Perancis 29 September nanti. Inilah perspektif baru untuk mempromosikan karya desainer Indonesia dengan menggaungkan potensi industri fashion Indonesia ke pasar global. Dimulai dari Eropa yang berpengaruh besar terhadap industri fashion dunia.

Sejalan dengan target Pemerintah menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fashion dunia, Indonesian Fashion Chamber (IFC) menampilkan karya para desainer fashion Indonesia di LA MODE Sur La Seine à Paris. Mereka akan menampilkan karya yang memiliki keunggulan dalam keragaman dan kekuatan konten lokal yang tidak dimiliki negara lain. Diharapkan, melalui event ini para buyer mancanegara yang datang akan melihat karya desainer di Indonesia dan ini membuka peluang kerjasama. 

Demikian Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, sambil melanjutkan, bahwasanya karya-karya 18 desainer Indonesia yang akan tampil di LA MODE Sur La Seine à Paris mengangkat konten lokal sesuai tren global. Tercakup di dalamnya karya berkategori busana konvensional hingga busana muslim.

Adapun desainernya adalah Deden Siswanto, Ali Charisma, Lenny Agustin, Lisa Fitria, Wignyo Rahadi, Saffana, Defika Hanum, Elva Fauqo, Kebaya Adhikari by Kukuh Hariyawan, ISWI Fashion Academy, Risa Maharani, NBRS Vintage by Temmi Wahyuni, Sofie, Tufiana, Santi Nugraha, OPIEVIE, Threadapeutic by Dina Midiani, dan LNC (Life Needs Colour) by BBPLK Semarang. 

Peragaan busana dilakukan di atas kapal pesiar Boreas yang menyusuri Sungai Seine berkeliling Kota Paris, mulai dari Menara Eiffel dan ke sejumlah tempat ikonik di Kota Paris. Sekitar 300 undangan akan hadir, terdiri dari buyer dan media internasional. Inilah ajang untuk membuka peluang kerjasama bisnis antara desainer dan buyer maupun media internasional. Untuk itu akan digelar pula sinergi berupa kegiatan fashion showcase, business meeting, dan media gathering.

Seluruh koleksi diperagakan oleh model internasional dengan wajah mondial yang multietnis dan mencerminkan identitas Kota Paris yang multikultural. Adapun model dirias oleh Viva Cosmetics, produsen kosmetik tertua di Indonesia. Acara yang representatif ini didukung banyak pihak, di antaranya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, dan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang.

Catatan yang menarik, kebijakan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI adalah mengembangkan Pelatihan Kejuruan Fashion Technology di BBPLK Semarang sebagai salah satu pusat pengembangan fashion, khususnya fashion technology di Indonesia.

"Diharapkan, lulusan BBPLK Semarang siap diserap industri fashion, bahkan mengambil peran penting dalam memajukan sektor industri kreatif fashion technology di Tanah Air. Dukungan di antaranya, mengikutkan kreasi siswa BBPLK Semarang di acara berskala internasional seperti LA MODE Sur La Seine à Paris,"  jelas Bambang Satrio Lelono, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas), Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Sementara Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Lampung pun turut mendukung perhelatan ini dengan menghadirkan karya desainer Wignyo Rahadi. Ia membuat busana modern yang terbuat dari kain tradisional asal Lampung, tapis. Melalui keunikan busana karya Wignyo Rahadi ini, ujar Budiharto Setyawan, Kepala KPw Bank Indonesia Lampung, kain tapis bisa diterima di pasar global, diawali dari Paris, kota pusat mode dunia. Selain mendorong pengembangan pengrajin kain Tapis di Lampung, sekaligus juga mempromosikan budaya dan pariwisata Lampung.  (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X