Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Sentuhan Modern pada Tenun Ikat Maluku Motif Tanimbar Ala Wignyo Rahadi

Fashion
07 Jan 2020
Sentuhan Modern pada Tenun Ikat Maluku Motif Tanimbar Ala Wignyo Rahadi

hariansuara.com, Ambon - Tenun Ikat Maluku motif Tanimbar tampil dalam gaya busana modern dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Maluku di Ambon pada medio Desember lalu. Tenun ikat Tanimbar sebagai salah satu sektor unggulan yang dibina oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Maluku terbukti berpotensi menjadi komoditas unggul yang bernilai tambah. Desainer Wignyo Rahadi mewujudkannya secara visual dalam pagelaran busana bertema Sinergi Transformasi Inovasi Menuju Indonesia Maju, yang diperagakan oleh perwakilan dari Persatuan Istri Pegawai Bank Indonesia, Ikatan Wanita Bank Provinsi Maluku, dan Insan Perbankan Maluku.

Tenun Ikat Tanimbar pun hadir dalam pilihan warna gelap, dari cokelat, terakota sampai hitam, serta warna lebih terang seperti oranye. Cantik sekali diaplikasikan ke beragam gaya busana yang praktis dan terkesan modern. Sebut saja, dress dengan siluet ringan, padanan blus berupa celana dan rok, yang dilengkapi outer. Busana bertambah atraktif ketika diterapkan permainan potongan asimetris dan draperi sebagai elemen ornamen busana. 

“Dengan ditampilkan dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Maluku ini diharapkan dapat menggaungkan keunggulan Tenun Ikat Maluku motif Tanimbar lebih luas lagi, agar meningkatkan daya pakai dan daya jualnya. Serta diharapkan dapat menginspirasi masyarakat luas untuk memakai Tenun Tanimbar, bukan hanya sebagai kain sarung, tetapi juga sebagai ready to wear atau busana siap pakai. Termasuk kalangan desainer mode untuk mengolah material Tenun Tanimbar menjadi berbagai jenis dan gaya busana siap pakai,” papar Desainer Wignyo Rahadi, yang juga mengombinasikan Tenun Ikat Tanimbar dengan daya tarik bahan Tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). 

Sekelumit tentang Tenun Ikat Tanimbar 

Tenun Ikat Tanimbar merupakan tenun ikat tradisional dari Kepulauan Tanimbar yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Mayoritas perempuan setempat merajut tenun ikat ini sebagai mata pencaharian, yang kini jumlah pengrajinnya mencapai 1.715 orang yang tersebar di 10 kecamatan. Namun, selama itu, perkembangan komoditas ini dirasa belum optimal dan berpeluang sebagai sumber ekonomi yang menjanjikan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku pun tergerak untuk turut mendukung upaya pembinaan kepada pengrajin Tenun Ikat Tanimbar dengan menggandeng desainer nasional Wignyo Rahadi. Dilakukan pula program pengembangan UMKM Bank Indonesia Provinsi Maluku untuk pemberdayaan ekonomi perempuan dan masyarakat lokal.

Diharapkan, dari program pembinaan dan pengembangan yang dilakukan Bank Indonesia ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tenun ikat Tanimbar, serta bernilai kompetitif di tingkat nasional maupun internasional. Sejauh ini tampai perkembangan yang menggembirakan. Tenun Tanimbar yang semula tampak kaku, terasa berat, dan warna yang rentan luntur itu telah berubah menjadi lebih ringan, lembut, tidak luntur, nyaman dipakai dan bisa menjadi busana modis, tanpa meninggalkan motif tradisi identitasnya. (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X