Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Ini 7 Tip Hidup Berkecukupan, Tanpa Pusing!

Inspirasi
15 Sep 2022
Ini 7 Tip Hidup Berkecukupan, Tanpa Pusing!

hariansuara.com - Semua orang, pasti Anda juga ingin hidup mapan, bukan? Tapi, bagaimana caranya? Anda bisa terapkan tip dari Jessica Sharp, Founder and Chief Educator of Sharp Brain Consulting berikut:

1. Penghasilan Bagi untuk 3 Jenis Anggaran 

Dari penghasilan yang didapat, alokasikan 50% untuk kebutuhan bulanan, dari sewa atau bayar cicilan rumah, makan, transportasi sampai kuota telepon. Sebanyak 30% untuk jalan-jalan, ngopi atau nonton film. Dan, 20% untuk ditabung. 

Di awal mungkin sulit menerapkan alokasi budget ini. Silakan Anda sesuaikan dengan kondisi Anda. Setidaknya, penghasilan dibagi untuk ketiga kantong tersebut ya.

2. Pastikan Besar Penghasilan Bersih Sebulan

Ini penting diketahui, sebab dari sini Anda bisa menyusun anggaran yang efektif dan realistis. Misal, Anda freelancer, hitung saja pendapatan rata-rata per bulan. 

3. Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Ribet amat sih, mungkin begitu komentar Anda. Tapi, percayalah, Anda akan bisa melihat pola belanja Anda. Pelajari mana pengeluaran yang tidak perlu. Ingat, jangan besar pasak daripada tiang. Belanja harus sesuai dengan alokasi budget, yaitu 50% dari penghasilan. 

4. Menabung, Wajib! 

Paksakan diri untuk menabung ya, meski kecil jumlahnya. Yang penting biasakan rutin menabung tiap bulan. Ini penting, karena Anda akan punya dana cadangan bila sesuatu yang darurat terjadi. Menabung itu banyak manfaatnya. Semakin segera Anda mulai menabung, masa depan jadi lebih aman. 

5. Sebisanya, Belanja Tunai... No Credit Card

Kartu kredit aset yang luar biasa. Sangat memudahkan Anda dapat utangan. Tinggal tekan PIN, selesai. Tapi ingat, dana tunai dari credit card itu bukan gratis. Anda wajib mengembalikannya. Nah, gunakan kartu kredit pada saat betul-betul dibutuhkan. Bila tidak, Anda terjebak dalam utang yang tiada habisnya. 

6. Tulis Pengeluaran, Kontrol Anggaran

Pastikan setiap rupiah yang dikeluarkan dalam kontrol dan kendali Anda. Catat alur uang, debit dan kredit. Di awal mungkin ribet. Tapi lama-kelamaan, Anda terbiasa dan merasakan manfaatnya. Seminggu sekali telaah pengeluaran dan perbaiki tata kelola finansial Anda. 

7. Kendalikan Pengeluaran Agar tak 'Pingsan'

Kok? Ya, maksudnya, jangan sampai Anda terlilit utang karena tak bisa mengendalikan keuangan. Bila perlu, budget berlibur dipangkas untuk menutupi kebutuhan primer. Anda tentu tak mau jalan-jalan, sekaligus berutang, bukan? 

Setelah tip 1-7 dijalankan, mulai Anda rencanakan keuangan untuk 5 tahun ke depan. Hitung berapa tabungan yang bisa Anda kumpulkan. Sekiranya, Anda ingin belanjakan apa uang tersebut, beli mobil atau motor? 

Nah, menyenangkan sekali, bukan, membeli barang mahal secara tunai. Ingat ya, konsisten dan komitmen Anda dalam mengelola budget. (*) Siti Muhanah/MTS     Foto: @pressfoto 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X