Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Studi: Sudah Ada 259 Kematian Akibat "Selfie"

Internasional
06 Oct 2018
Studi: Sudah Ada 259 Kematian Akibat "Selfie"

hariansuara.com, Jakarta - Antara Oktober 2011 dan November 2017, 259 orang di seluruh dunia meninggal saat mengambil foto narsis, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Family Medicine and Primary Care.

Para peneliti studi dari Institut Ilmu Kedokteran India dan Institut Teknologi India, Kanpur menganalisis contoh kematian yang berhubungan dengan selfie yang dikumpulkan dari artikel-artikel berita berbahasa Inggris.

"Kematian terkait selfie didefinisikan sebagai kematian tidak disengaja yang terjadi saat melakukan self-photography atau selfies klik," menurut penelitian.

Kematian akibat selfie meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Para peneliti menemukan tiga kematian terkait selfie dilaporkan pada 2011, dua pada 2013, 13 pada 2014, 50 pada 2015, 98 pada 2016 dan 93 pada tahun 2017.

Para peneliti menemukan bahwa tenggelam, transportasi dan jatuh dari ketinggian adalah penyebab paling umum kematian terkait selfie.

Jumlah terbesar kematian semacam itu dilaporkan di India, diikuti oleh Rusia, Amerika Serikat dan Pakistan. Selain itu, sebagian besar korban sekitar 72,5 persennya adalah laki-laki, sementara 27,5 persen adalah perempuan.

"Sebuah proyek yang disebut selfiecity telah menetapkan bahwa wanita mengambil selfie lebih banyak dibandingkan dengan pria," kata mereka. "Tapi karena pria lebih cenderung mengambil risiko klik selfie dibandingkan dengan wanita, maka membenarkan jumlah yang lebih tinggi dari kematian dan insiden untuk pria."

Mereka memperingatkan bahwa banyak kematian yang berhubungan dengan selfie tidak dilaporkan, dengan mengutip fakta bahwa penelitian tersebut hanya memasukkan laporan berita berbahasa Inggris, sementara contoh lain tentang kematian yang berhubungan dengan selfie bisa saja dilaporkan dalam berbagai kategori kecelakaan.

Kematian dan kecelakaan yang berhubungan dengan selfie telah menjadi berita utama dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Juni, pasangan Australia jatuh dari dinding yang menghadap pantai di Portugal. Mereka  kehilangan keseimbangan setelah mengambil foto selfie.

Tahun lalu, dua wanita muda ditabrak dan tewas oleh pesawat kecil ketika mengambil foto selfie di sisi jalur pendaratan di Meksiko.

Pada bulan Januari tahun ini, seorang pria ditabrak kereta api di Hyderabad, India, sambil berdiri di samping jalur kereta untuk mengambil foto selfie. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X