Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Kesehatan

Ini 9 Hoax Terkait HIV/AIDS yang Perlu Dicermati

Kesehatan
10 Aug 2018
Ini 9 Hoax Terkait HIV/AIDS yang Perlu Dicermati

hariansuara.com, Jakarta - Hoax atau berita tidak benar yang dibuat seolah benar tidak hanya terjadi di ranah politik maupun sosial, namun juga merambah ke dunia kesehatan khususnya terkait HIV/AIDS. Hoax dibuat dengan berbagai macam tujuan, mulai dari menciptakan ketakutan terhadap kelompok tertentu, menciptakan keresahan di masyarakat, mendiskreditkan profesi medis, hingga urusan politik dan persaingan dagang.  

Apapun alasannya, hoax memperburuk stigmatisasi terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dan menghambat tenaga medis dan aktivis dalam mengkampanyekan pencegahan HIV/AIDS dan perawatan ODHA. Selain itu, stigmatisasi ini membawa konsekuensi dahsyat bagi ODHA, mulai dari diskriminasi sosial (termasuk dalam pekerjaan), isolasi di masyarakat bahkan keluarga, dan penghilangan hak-hak dasar terhadap mereka.  

Menurut Dokter Adyana Esti, tenaga medis Klinik Angsamerah Jakarta, ada setidaknya sembilan keterangan hoax terkait HIV/AIDS yang masyarakat perlu tangkal. Berikut penjelasannya. 

1. HIV/AIDS dapat ditularkan melalui penggunaan pisau cukur secara bergantian dalam keluarga maupun di tempat potong rambut. 

2. HIV/AIDS dapat menular melalui penggunaan alat makan secara bergantian antara ODHA dengan orang sehat. 

3. Virus HIV dapat ditularkan melalui makanan kaleng yang sebelumnya telah diinjeksikan dengan darah yang mengandung virus ini.  

4. Virus HIV dapat ditularkan melalui jarum terinfeksi yang ditancapkan di kursi-kursi penonton bioskop. 

5. HIV/AIDS dapat ditularkan melalui air kolam renang umum

6. HIV/AIDS bisa ditularkan melalui pakaian bekas. 

7. HIV/AIDS ditularkan melalui pembalut kewanitaan yang sudah dikontaminasi virus tersebut. 

8. Pemeriksaan darah untuk kolestrol dan diabetes oleh petugas keliling (yang dicurigai dari kelompok tertentu) adalah untuk menyebarkan virus HIV . 

9. ARV adalah bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan hati.  Jadi sebaiknya menggunakan herbal untuk perawatan ODHA.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X