Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Memahami Filosofi Berkurang dan Bertambah Dalam Hidup

Motivasi
21 Jun 2018
Memahami Filosofi Berkurang dan Bertambah Dalam Hidup

hariansuara.com,  Jakarta - Teng Hui, Motivator, berujar ada filosofi hidup yang berkaitan dengan penghitungan, yaitu berkurang dan bertambah, namun pengurangan dan penambahan ini bukan dengan angka, melainkan dengan hukum alam. 

"Dengan mengetahui dan memahami filosofi ini, seseorang memungkinkan terbantu untuk menjadi lebih arif dan damai."tuturnya.

1. Ada sesuatu yang bisa ditambah dan bisa dikurangi, yaitu penjumlahan.Tanpa kecuali semua orang mempunyai pasangan hidup berupa Pujian - celaan. Untung-rugi. Pertemuan-perpisahan. Ketenaran-kepudaran. Suka - duka.

Sebanyak sebab yang dilakukan untuk mendapatkan hal-hal di atas itulah penambahan dan pengurangan pada kondisi-kondisinya di atas dapat terjadi.

Inilah kebebasan menentukan nasib diri, yaitu melalui jenis-jenis penyebab yang dipilih untuk dilakukan ataupun dihindari. Keberadaan plus dan minus bisa dikondisikan oleh tiap-tiap individu.

Bagaimanapun, bagi sosok individu yang telah matang jiwanya, teguh kearifannya, situasi plus dan minus tidak mampu mempengaruhinya, bagaikan batu karang yang tak tergoncangkan oleh badai. 

2. Ada sesuatu yang hanya bisa ditambah tidak bisa dikurangi yaitu perbuatan. Tidak ada siapapun mampu mencabut perbuatan yang telah dilakukan.

Perbuatan hanya ada dua yaitu: kebaikan yang akan mendatangkan pahala dan keburukan yang akan mengakibatkan dosa.Buah Pahala berakibat rejeki. Buah Dosa berakibat musibah. 

Oleh sebab itu kebaikan dan kebenaran selalu berbuah rejeki dan selalu menyertai kita. 

Janganlah berbuat keburukan dan kesalahan, karena seperti karat yang timbul dari besi, kemudian akan menghancurkan besi itu sendiri. Demikian pula dengan perbuatan buruk, yang dilakukan olah para pelaku kejahatan, akan menghancurkan dirinya sendiri. 

Bergegaslah melakukan perbuatan baik. Bersihkan batin dan pikiran dari kejahatan. Kelambanan dalam berbuat kebajikan, akan membuat batin bergembira dalam kejahatan. 

3. Ada sesuatu yang tidak bisa ditambah, hanya bisa dikurangi, yaitu sisa waktu hidup atau sisa umur kehidupan. 

Hukum alam berlaku untuk setiap kelahiran mengkondisikan usia tua, sakit, kematian, kesedihan, kesengsaraan dan keputusasaan.  Inilah kebenaran yang patut diketahui dan dipahami, kemudian patut disikapi. 

Mau dipercaya maupun tidak dipercaya, sejak dulu, sekarang dan akan datang tetaplah demikian adanya karena ini merupakan kebenaran. 

Siapkanlah bekal hidup dengan baik dan benar selama masih bisa menabung bekal hidup dengan kebaikan dan kebenaran karena usia tidak berjalan maju untuk bertambah, melainkan berjalan mundur untuk berkurang.

4. Ada sesuatu yang tidak bisa ditambah dan tidak bisa dikurangi, yaitu realita. 

Realita adalah kondisi yang mustahil untuk ditambah maupun dikurangi, karena jika dirubah menjadi ada yang ditambah atau dikurangi, situasinya  menjadi berupa fitnah atau kebohongan. Mengetahui yang patut kita ketahui. Memahami yang patut kita pahami. Menyikapi yang patut kita sikapi. Berperilaku yang patut dilakukan. Menerima yang patut diterima. Realita patut dihadapi, diakui, dan diterima. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X