Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Ini 6 Jenis Tanggapan Terhadap Pemikiran, Kritik, atau Tindakan orang lain

Motivasi
24 Sep 2018
 Ini 6 Jenis Tanggapan Terhadap Pemikiran, Kritik, atau Tindakan orang lain

hariansuara.com,  Jakarta - Teng Hui, Inspirator sekaligus penulis buku Kunci Kebahagiaan, mengatakan mendapati suatu tanggapan atas suatu aksi yang seseorang lakukan boleh dikatakan merupakan konsekuensi dalam hidup bersama lingkungan. Alam semesta pun, meskipun tidak intensional, memberikan tanggapan atau respon atas sesuatu yang menimpanya. 

Meskipun secara pemikiran umumnya orang tahu hal ini, jarang disadari bahwa suatu perbuatan memberi dampak tanggapan atau respon kembali kepada si pelaku, baik yang menyenangkan, mengecewakan, ataupun netral-netral. Karena kurang menyadari akan hal ini, maka orang cenderung kurang jeli atas tindakannya bahwa itu akan berdampak kesenangan ataukah kekecewaan bagi pihak terkait.

Di sisi lain, sebagian tindakan yang orang lakukan merupakan tanggapan atas perbuatan pihak lain terhadap dirinya, yang sering tanpa disadari dampak perbuatan yang merupakan tanggapan itu akan mendatangkan kesenangan atau kekecewaan kepada pihak terkait.

Tanggapan dengan berbagai macam cara terhadap pemikiran, kritik, atau tindakan orang lain dapat dikategorikan ke jenis-jenis di bawah ini:

1. Tanggapan aktif positif

Diri kita yang dengan nafsu keinginan bereaksi terhadap perbuatan kita sendiri, orang lain, maupun kondisi alam semesta dengan cara yang baik dan benar serta bermanfaat bagi kehidupan. 

Bagaimanapun, karena masih diwarnai oleh nafsu keinginan, walaupun sudah dengan baik dan benar serta bermanfaat meresponsnya, tanggapan tersebut masih riskan mendatangkan kecewa, putus asa, dan menyerah sampai menderita karena hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Tanggapan pasif positif 

Orang lain atau alam semesta merespons atau bereaksi terhadap perbuatan kita untuk kebaikan, kebenaran, serta kemanfaatan dalam kehidupan. Tetapi karena kita umumnya menyertakan nafsu keinginan dan harapan kita atas respon tersebut, walaupun sudah dengan baik dan benar serta bermanfaat responsnya, tetap saja bisa menjadikan kecewa, putus asa dan menyerah sampai menderita, karena hasilnya tidak sesuai dengan yang diingini. 

3. Tanggapan aktif negatif

Diri kita sendiri dengan nafsu keinginan merespons atau bereaksi terhadap perbuatan diri sendiri, orang lain, maupun alam semesta dengan cara yang buruk, salah, serta merugikan dalam kehidupan.  Karena tanggapan yang aktif negatif ini, sesuai atau tidak sesuai, tanggapan itu tetap saja membuat hati kita panas, kecewa, putus asa serta menderita.  

4. Tanggapan pasif negatif

Orang lain atau alam semesta merespons atau bereaksi terhadap perbuatan kita untuk keburukan, kesalahan, serta merugikan dalam kehidupan, sehingga tidak sesuai dengan nafsu keinginan kita. 

Karena masih terikat oleh nafsu keinginan dan ternyata mendapat respons yang mengecewakan, kita cenderung menjadi putus asa, marah, dan menderita. 

5. Tanggapan aktif netral

Diri sendiri dengan kesadaran dan kewaspadaan merespons atau bereaksi terhadap perbuatan kita sendiri, orang lain, maupun kondisi alam semesta dengan cara yang baik dan benar serta bermanfaat bagi kehidupan.  Melalui kesadaran dan kewaspadaan dalam menyikapi ini, apapun hasilnya tidak menggoyahkan batin yang sudah seimbang. 

6. Tanggapan pasif netral

Orang lain atau alam semesta merespons atau bereaksi terhadap perbuatan kita dengan kesadaran dan kewaspadaan. Apapun hasilnya tidak menggoyahkan batin yang sudah sedemikian keseimbangannya.  Gunakan kesadaran penuh dan kewaspadaan dengan kebijaksanaan menyikapi tanggapan atau respon, sehingga menjadi baik dan benar serta bermanfaat. 

Hindari penyikapan dengan hanya menggunakan perasaan yang hanya akan menyebabkan timbulnya nafsu keinginan dan berakhir dengan tanggapan yang buruk dan salah serta sangat merugikan diri sendiri. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X