Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Inilah Jawaban Mengapa Pendidikan Menjadi Kekuatan Utama Peradaban Sebuah Bangsa

Motivasi
02 May 2019
Inilah Jawaban Mengapa Pendidikan Menjadi Kekuatan Utama Peradaban Sebuah Bangsa

hariansuara.com, Jakarta - Semua bangsa terbaik di dunia selalu memulai pembangunan peradaban bangsanya melalui pendidikan. Pertanyaannya: Pendidikan apa yang menjadi fokus utama bangsa-bangsa terbaik? 

Jawabannya adalah pendidikan akhlak, luar biasa. NKRI selama merdeka 73 tahun lebih sering mengabaikan pendidikan akhlak, sampai akhirnya pada 2009 pemerintah Indonesia menyadari pentingnya pendidikan akhlak (yang di Indonesia dinamakan pendidikan karakter), sebagai dasar bagi pembangunan peradaban bangsa. Walaupun sampai hari ini pada prakteknya masih dalam tahap uji coba.

Kenapa pendidikan akhlak menjadi begitu penting bagi semua bangsa dalam membangun peradabannya? Sampai semua bangsa meyakini sebuah prinsip, baik-buruknya sebuah bangsa sangat ditentukan oleh kualitas akhlak bangsanya. 

Ternyata konsep pendidikan akhlak merupakan misi utama Rasulullah SAW, yaitu menyempurnakan akhlak manusia. Rasulullah SAW diutus oleh-Nya ke sebuah suku bangsa yang jahiliyah (barbar), suka menyembah berhala, membunuh anak perempuan, berzina, mabuk-mabukan dan berbagai perbuatan maksiat lainnya. Sebuah bangsa kecil di tengah gurun pasir yang terbelakang. 

Dalam waktu 23 tahun Rasulullah SAW fokus memperbaiki akhlak umat-Nya, hingga mereka mampu menaklukkan dua negara terkuat di dunia saat itu, Romawi dan Persia. Bukan dengan jumlah prajurit atau kekuatan alat perang, atau dana yang melimpah, tapi dengan kekuatan akhlak yang mulia. Kekuatan inilah yang dipelajari dan dilatih oleh banyak negara maju untuk membangun kekuatan bangsanya.

Bagaimana dengan Indonesia? Prabowo-Sandi memahami betul kekuatan akhlak ini, sehingga memutuskan untuk membangun pendidikan Indonesia yang menjadikan pendidikan akhlak sebagai fokus utamanya. Mengoptimalkan seluruh potensi rakyat Indonesia sesuai bakat dan minatnya, sehingga kita akan menjadi kekuatan besar dunia di masa depan dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat manusia. 

Dan jangan lupa misi akhir dari Rasulullah SAW yang menjadikan Islam sebagai sebuah agama yang memberi rahmat bagi semesta alam, Rahmatan lil Alamin. Yaitu agama yang membawa misi perdamaian (rahmat kepada manusia) dan ramah lingkungan (rahmat kepada alam semesta).

Tugas pejuang Sekolah Alam dan kita semua adalah untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang mampu membawa misi perdamaian dan ramah lingkungan, serta menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang Rahmatan lil Alamin, in shaa Allah.

Semoga kita bisa mewujudkan kejayaan Indonesia menjadi bangsa yang berakhlak mulia dan Rahmatan lil Alamin bersama Prabowo-Sandi.

Salam hangat, Lendo Novo Sobatalam (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X