Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Menimbang Cara Kerja: Kerja Keras atau Kerja Cerdas

Motivasi
01 Dec 2019
Menimbang Cara Kerja: Kerja Keras atau Kerja Cerdas

hariansuara.com, Jakarta - Manakah yang lebih baik, bekerja lebih keras atau bekerja lebih cerdas?

Sesungguhnya bekerja lebih pintar, bukan lebih keras, merupakan cara untuk memperlihatkan kemampuan kita yang sebenarnya. Ini merupakan cara kita untuk dapat menikmati kehidupan kita. 

Bekerja keras, dalam arti tidak membenamkan diri dalam kemalasan, tentu adalah hal yang baik, namun kebanyakan orang-orang yang bekerja keras alpa dalam meluangkan waktunya untuk berpikir bagaimana ia harus mengubah caranya bekerja. 

Apakah yang menyebabkan kita harus bekerja keras? Apakah hal-hal seperti: kurangnya alat kerja, prosedur, sistem, mesin, cara komunikasi, kebersihan, kerapian, penjadwalan, dan pengaturan meja kerja, serta sikap menunda-nunda pekerjaan menjadikan kita bekerja keras? Bagaimanakah jika kita menerapkan sisi kerja cerdas, selain kerja keras, agar dapat mengantisipasi faktor kekurangan yang ada tersebut?

Ketrampilan diperoleh dari pelatihan, dan pelatihan membutuhkan kerajinan dan ketekunan. Dua orang yang memiliki tingkat keterampilan berbeda dalam mengerjakan jenis pekeraan yang sama juga dapat membedakan siapa yang bekerja efektif dan siapa yang harus bekerja lebih keras untuk pekerjaan tersebut. 

Bekerja keras adalah penting, namun bukankah berusaha keras menciptakan cara-cara baru dalam bekerja adalah lebih penting?

Di tengah keasyikan kita bekerja keras, kita layak berpikir keras untuk melakukan perombakan kebiasaan dalam bekerja. 

Jika kita selalu melakukan seperti yang biasa kita kerjakan, kita pun akan selalu mendapatkan seperti yang biasa kita dapatkan.

Banyak slogan ataupun nasihat tentang perlunya "bekerja keras" sehingga banyak orang menjadi bangga mendapat label "pekerja keras". 

Kita boleh berbangga karena bekerja keras. Namun jika kita belum ada keberanian untuk menyatakan bahwa kita bekerja secara pintar dan secara efektif, kebanggaan kita itu masih perlu disayangkan. 

Renungan rujukan:

- Ingin bekerja keras ataukah Sadar cara dalam berusaha keras?

- Ingin bekerja keras ataukah Sadar cara dalam bekerja produktif?

 

 Teng Hui, pengusaha dan motivator

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X