Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Kembangkan Kasih Sayang Dalam Diri dan Raih Manfaatnya

Motivasi
26 Dec 2019
Kembangkan Kasih Sayang Dalam Diri dan Raih Manfaatnya

hariansuara.com, Jakarta - Kasih sayang adalah sifat manusia yang luhur dan merupakan perilaku yang sangat baik serta ada pada setiap orang tanpa kecuali.

Akan tetapi, hal yang membedakannya adalah tidak semua orang mempunyai kesadaran untuk melatih dan mengembangkan kasih sayang itu. 

Sifat kasih sayang sejatinya tidak terbatas kepada siapapun, makhluk apapun, dan lingkungan apapun.  Karena kasih sayang adalah Maha Mulia, kasih sayang sangat bermanfaat untuk diri sendiri karena menjadikan batin damai, sejuk, bangga, dan bahagia, juga bermanfaat untuk orang lain, semua makhluk hidup, dan lingkungan untuk lepas dari rasa dahaga.

Tujuan kasih sayang untuk membantu, membimbing serta meringankan penderitaan diri sendiri, orang lain dan semua makhluk lainnya, agar hidup bahagia dengan cara memberi bantuan atau bimbingan pencerahan spiritual, memberikan bantuan untuk mendapatkan kebutuhan hidup dengan baik dan benar. 

Kasih sayang bisa diberikan kepada diri sendiri, kepada orang lain, kepada semua makhluk hidup, dan lingkungan. 

Bagaimanapun, walaupun kasih sayang sudah diberikan kepada orang lain dan semua makhluk hidup, sebagian dari mereka belum tentu menerimanya dengan baik, bahkan kadang melakukan penolakan sampai terjadi perlawanan. 

Sebagai orang bijak, tentu, mengingat kasih sayang adalah tindak maha mulia, apapun yang terjadi kita tetap harus melatih dan mengembangkannya. 

Jika sudah ada sejumlah orang yang mengembangkan kasih sayang, kita selain sebagai pihak yang turut andil dalam mengembangkan kasih sayang, memungkinkan mendapat kasih sayang pula.

Dan, andai, semua makhluk hidup di dunia ini mengembangkan kasih sayang, kita pun tentu bisa mendapat kasih sayang dari segenap makhluk hidup di dunia. Betapakah itu suatu keadaan yang sangat indah dan menyenangkan bagi kita semua, tanpa kecuali.

Bukan hanya kita sepihak yang mampu dan mau mengembangkan kasih sayang, makhluk lain pun bisa memiliki kemampuan dan kemauan untuk itu, dan kemampuan dan kemauan sebagian dari mereka mungkin jauh lebih besar dibandingkan dengan kita.

Oleh sebab itu, sepatutnya kita mengembangkan kasih sayang, sepatutnya pula kasih sayang yang diberikan kepada kita tidak kita tolak, apalagi kita lawan dengan cara apapun.(*)

Teng Hui, Motivator

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X