Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Belajar Hidup Dari Bunga Teratai Berarti Hidup Melatih Kesadaran

Motivasi
15 Mar 2020
Belajar Hidup Dari Bunga Teratai Berarti Hidup Melatih Kesadaran

hariansuara.com, Jakarta -  Hidup dan belajar adalah saling berkaitan  karena dalam menjalani hidup itu ada proses untuk belajar. 

Jika belum pandai, ada kesempatan bisa menjadi pandai. Kalau belum baik dan benar, bisa belajar untuk menjadi baik dan benar. 

Bunga Teratai seperti bunga lainnya, dari kemunculan, berkembang, dan layunya adalah sifat alamiah. 

Tetapi bunga teratai memiliki kandungan pelajaran sangat luhur, yang patut dipelajari, yaitu walaupun teratai hidup di kolam berlumpur, ia bisa tumbuh berkembang tanpa kotor oleh lumpur. 

Kolam adalah tempat hidup teratai, sedangkan lumpur merupakan persoalan hidup Teratai. Tidak ternoda oleh lumpur adalah keberhasilan hidup teratai. Keberadaan teratai ini bisa menjadi percontohan. 

Dunia tempat manusia hidup dan persoalannya, ibarat kolam beserta  lumpurnya. 

Jika manusia bisa hidup di dunia tanpa terpancing untuk memunculkan keburukan-keburukan atas persoalan yang timbul, dan tidak memicu munculnya persoalan baru, ia disebut bisa mengambil pelajaran dari kehidupan Teratai. 

Banyak persoalan bisa dihindari jika seseorang bisa hidup tanpa keinginan, tetapi hidup dengan kesadaran, bak teratai yang tidak dikotori oleh lumpur. 

Belajar hidup dari teratai, berarti hidup melatih kesadaran.  Jika bisa hidup dengan sadar, orang tidak akan membuat masalah dan tidak bermasalah dengan masalah. 

Bagaimanapun, bunga teratai memiliki jenjangnya sendiri, tidak semua muncul bersamaan di permukaan air.

Mereka sampai pada permukaan dan mekar dalam waktu yang berbeda, dan ada juga tidak mampu muncul di permukaan karena rusak.

Demikian pula karakter manusia, untuk dididik menjadi baik, ada yang mudah, ada yang susah, ada yang sangat susah, dan ada yang tidak bisa dididik atau rusak.

Bunga teratai, selain memberi pelajaran tentang karakter, juga pelajaran tentang keluhuran hidup.

Kendati teratai tumbuh berkembang di kolam dengan air kotor, ia tidak terkotori oleh air yang kotor itu. Inilah pelajaran keluhuran hidup.

Ketika orang bisa memahami karakter dirinya maupun orang lain dengan baik dan benar, tidak sedih oleh kesedihan dalam berinteraksi hidup di dunia, dan tidak hanyut oleh kesenangan, ia ibarat teratai yang telah mekar di permukaan air.

Seperti teratai yang tetap bersih walau hidup di kolam berlumpur, demikian pula hendaknya orang menjalani hidup ini. (*)

Teng Hui, Motivator

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X