Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Prabowo-Sandi Diminta Wujudkan Industri Mobil Nasional yang Tak Abal-abal

Nasional
24 Jan 2019
Prabowo-Sandi Diminta Wujudkan Industri Mobil Nasional yang Tak Abal-abal

hariansuara.com, Jakarta - Pengamat industri nasional, Said Didu, mendorong capres dan cawapres Prabowo-Sandi untuk mewujudkan industri mobil nasional bila mendapatkan mandat dari rakyat pada pilpres 17 April 2019 nanti.

Berkaca pada pengalaman pilpres 2014, Said berpesan agar industri mobil nasional yang dibangun Prabowo-Sandi tidak abal-abal dan bukan demi kepentingan pencitraan semata.

“Bila Prabowo-Sandi menang, mobil nasional perlu dipikirkan. Karena permintaan kita besar, pasar kita besar, sumber daya alam, sumber daya manusianya kita ada,” kata Said dalam diskusi Indonesia Pasca Jokowi ‘Mewujudkan Mobil Nasional, Bukan Pencitraan Seperti Esemka’ di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (23/1/2019).

Said menuturkan, ada perbedaan mendasar dalam anatomi bisnis mobil di masa lalu dan masa kini. Di masa lalu, pengembangan mobil nasional terkendala pada penguasaan komponen rancang bangun dari hulu hingga hilir. Kini, anatomi industri mobil sudah mengarah pada industri pesawat terbang di mana seluruh komponennya bisa diproduksi di seluruh dunia.

“Tinggal kebijakannya adalah kita bikin desain sedemikian rupa sehingga bisa produksi di Indonesia. Kriterianya kita memiliki desain, nama merek dan sebagian komponennya diproduksi di Indonesia. Tidak seperti mobil Esemka yang komponennya dari luar semua,” kata Said.

Sementara itu, pakar otomotif dan praktisi industri mobil Mochtar Niode mengatakan, industri mobil nasional harus diarahkan kepada produksi mobil listrik.

“Kita memiliki seluruh bahan baku untuk produksi mobil listrik. Kita bisa open desain untuk menentukan jenis mobil apa yang cocok untuk Indonesia,” kata Mochtar. (*)

(Foto: Diskusi Indonesia Pasca Jokowi ‘Mewujudkan Mobil Nasional, Bukan Pencitraan Seperti Esemka’ di Prabowo-Sandi Media Center / Pusat Siaran Pers)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X