Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

KPU: Jumlah TPS Pilkada 2020 Bisa Tambah Dua Kali Lipat

Politik
28 May 2020
KPU: Jumlah TPS Pilkada 2020 Bisa Tambah Dua Kali Lipat

hariansuara.com, Jakarta - Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Pilkada 2020 akan bertambah banyak. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan penambahan jumlah TPS sebagai cara untuk mengantisipasi penularan Corona Covid-19.

Arief bilang dengan bertambah jumlah TPS tentu nanti jumlah pemilih di setiap TPS akan lebih dibatasi.

"Ya, kalau (TPS) bertambah banyak otomatis jumlah pemilih di setiap TPS akan berkurang. Ini salah satu solusi untuk menekan Corona kan," kata Arief kepada hariansuara, Kamis, 28 Mei 2020.

Arief mengatakan praktiknya nanti jumlah pemilih di setiap TPS akan berkurang separuh. Misalnya satu TPS ada 760 pemilih maka hanya akan 380 pemilih.

"Situasinya benar bisa demikian. Bisa saja jumlah TPS bertambah banyak dua kali lipat," ujar Arief.

Terkait penambahan TPS, kata Arief, sudah dibicarakan dalam pleno. Menurutnya, KPU tingkat provinsi juga sudah mengetahuinya. "Sudah itu ke tingkat provinsi," sebut eks Anggota KPU Jawa Timur itu.

Sebelumnya, DPR, Pemerintah, dan KPU sepakat tetap menggelar Pilkada 2020 pada 9 Desember 2020. Jadwal ini dimundurkan karena pandemi Corona.

Jadwal semula hari pemungutan suara Pilkada 2020 adalah 23 September 2020. Adapun dalam pilkada nanti ada 270 daerah yang akan memilih calon kepala daerahnya. 270 daerah rinciannya 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.(*) zai/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X