Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Mendagri Tito Imbau Kampanye Pilkada Dibatasi Maksimal Cuma 50 Orang

Politik
11 Jul 2020
Mendagri Tito Imbau Kampanye Pilkada Dibatasi Maksimal Cuma 50 Orang

hariansuara.com, Jakarta - Pilkada 2020 akan dihelat pada 9 Desember mendatang di tengah pandemi Corona Covid-19. Untuk tetap menjaga protokol kesehatan, tahapan masa kampanye diminta dibatasi maksimal 50 orang.

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat rapat koordinasi kesiapan Pilkada dengan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal seperti disampaikan dalam keterangan resminya, Sabtu, 11 Juli 2020. Tito mengatakan pentingnya mengatur jumlah peserta saat kampanye untuk menjaga protokol kesehatan.

Menurutnya, dengan 50 orang itu angka maksimal dan sebaiknya tak lebih. Maka itu, ia berharap lembaga penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu membahas soal kampanye pilkada di tengah pandemi ini.

"Jangan ada lagi kampanye akbar. Harus jaga dan terapkan protokol kesehatan. Sebaiknya maksimal 50 orang saja dan jangan ada konvoi di jalanan," ujar Tito.

Tito mengusulkan dengan 50 orang ini juga diawasi oleh pihak Bawaslu. Pengawasan ini penting agar jangan sampai ada pelanggaran yang dilakukan pasangan calon dan massa pendukungnya.

Dia menambahkan dengan pengalamannya sebagai Kapolri, ia paham seluk beluk kerawanan kampanye di pilkada. Kata Tito, maraknya pelanggaran kampanye Pilkada 2017 dan Pilkada 2018 harus jadi pengamalaman berharga.

Menurutnya, jangan sampai terulang kampanye ugal-ugalan di saat kondisi seperti sekarang. 

"Ini kan masa pandemi ya. Semua harus tahan diri, prioritaskan kesehatan dan kebaikan untuk semuanya. Jangan lagi itu kampanye di atas kendaraaan terbuka seperti truk, bus. Ramai-ramai lagi. Jangan lah," ujar eks Kapolda Papua itu.

Untuk diketahui, hari pemungutan suara Pilkada serentak 2020 akan dihelat pada 9 Desember 2020. Jadwal ini mundur 3 bulan lantaran pandemi Covid-19.

Di pilkada gelombang empat nanti, ada 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota yang akan menentukan calon kepala daerahnya.(*) zai/lia

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X