Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Muncul Usulan Pensiunan TNI-POLRI Perlu Jeda 5 Tahun Sebelum Terjun ke Politik

Politik
24 Sep 2020
Muncul Usulan Pensiunan TNI-POLRI Perlu Jeda 5 Tahun Sebelum Terjun ke Politik

hariansuara.com, Jakarta - Sejak pemilu sistem langsung, kalangan aparatur sipil negara atau ASN, TNI-Polri yang pensiun langsung terjun ke kancah politik tanpa jeda. Fenomena ini disorot Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin.

Dia menilai saat ini banyak ASN, TNI, Polri yang begitu pensiun langsung aktif di politik. Dinamikanya pun terus bertambah setiap pilkada.

Azis mengatakan DPR akan mendorong aturan terkait itu untuk anggota TNI/Polri. Demikian menurutnya saat ditemui Masyarakat Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI di ruang kerjanya, gedung Nusantara III, Jakarta.

"Kami akan mendorong agar ada aturan yang mengatur misalnya menunggu lima tahun dulu bagi anggota TNI/Polri dan ASN usai pensiun, baru masuk menjadi anggota atau calon dari partai politik manapun,” kata Azis melalui keterangan tertulis, Rabu 23 September 2020.

Dia menekankan usulan ini perlu agar menghindari konflik kepentingan. Selain itu, juga untuk keadilan bagi semua pihak.

“Hal ini harus diatur supaya fair dan tentu untuk menghindari konflik kepentingan yang bisa saja terjadi saat masih menjabat," ujarnya.

Kemudian, aturan ini juga penting untuk menjaga netralitas ASN serta TNI, Polri dalam menjalankan amanahnya sebagai abdi negara. Maka itu, ia mengingatkan citra pesta demokrasi harus dijaga.

Dia bilang semua elemen termasuk dari masyarakat sipil juga harus bisa membantu mengawasi.

“Saya menyambut baik Mappilu dan PWI yang mau terlibat untuk mengamati (Pilkada) ini, mari kita sama-sama mengawasi pelaksanaannya agar sesuai dengan PKPU yang tengah dipersiapkan,” ujarnya.

Azis pun berpesan agar perhelatan Pilkada 2020 mesti dijaga. Apalagi, kondisi perhelatan di tengah pandemi Corona Covid-19.

“Silakan mengawasi daerah yang akan melaksanakan pilkada ini termasuk money politic,” katanya. (*)  ras/zai         FOTO: Ilustrasi apel TNI/ANTARA-Rival Awal Lingga

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X