Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

KPU: Pencoblosan Kurang dari 60 Hari Lagi, Pilkada Sulit Ditunda

Politik
22 Oct 2020
KPU: Pencoblosan Kurang dari 60 Hari Lagi, Pilkada Sulit Ditunda

hariansuara.com, Jakarta - Kurang dua bulan, tahapan pemungutan suara atau pencoblosan Pilkada 2020 akan digelar pada 9 Desember mendatang. Namun, masih ada suara permintaan agar Pilkada 2020 ditunda karena pandemi Corona Covid-19.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyebut pihaknya saat ini belum ada niat menunda dari pemerintah maupun lembaga penyelenggara pemilu. Kata dia, jika ditunda justru akan memunculkan banyak persoalan.

"Justru sebaliknya kalau ditunda nanti akan munculkan banyak persoalan. Pencoblosan itu kan kurang 60 hari lagi, sulit kalau ditunda," ujar Ilham, dalam webinar pada Kamis, 22 Oktober 2020.

Dia menyampaikan penundaan tahapan Pilkada 2020 sebenarnya sudah dilakukan saat pandemi di Tanah Air kali pertama muncul pada Maret 2020. Pun, penundaan berlanjut dalam tahapan pemungutan suara yang awalnya 23 September 2020 menjadi 9 Desember 2020.

"Itu hampir tiga bulan ditunda. Jadi, kalau misalnya ditunda akan sulit dalam mempraktikkan aturan," tutur Ilham.

Menurutnya, belum ada perundangan regulasi yang disiapkan jika pilkada ditunda. Hal ini termasuk waktu periode jabatan plt kepala daerah yang akan mengisi kekosongan selama penundaan pilkada.

"Itu alasan penting pertama. Yang kedua, semua harus saling terkait agar tak semakin berbelit karena proses tahapan dengan anggaran besar sudah jalan," sebut Ilham.

Permintaan penundaan ramai disuarakan sebelumnya mulai dari lembaga pegiat pemilu sampai ormas. Alasan penundaan disuarakan karena kecemasan angka kasus positif Covid-19 terus melonjak saat Pilkada 2020.

Untuk diketahui, Pilkada 2020 akan diikuti 270 wilayah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Saat ini sudah berlangsung tahapan kampanye selama 71 hari yang dimulai 26 September dan berakhir 5 Desember 2020. (*) ras/zai       FOTO: Sosialisasi pilkada 2020/ANTARA

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X