Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Dari Debat Publik Pilkada Jember, Paslon Nomor 2 Haji Hendy-Gus Firjaun: Libatkan Masyarakat Bangun Smart Village

Politik
16 Nov 2020
Dari Debat Publik Pilkada Jember, Paslon Nomor 2 Haji Hendy-Gus Firjaun: Libatkan Masyarakat Bangun Smart Village

hariansuara.com, Jember - Masih dalam Debat Publik Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jember 2020, Minggu (15/11/2020). Pasangan Calon nomor urut 2, Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Haji Hendy-Gus Firjaun), mengurai jawaban atas pertanyaan yang diajukan berdasarkan hasil temuan langsung keduanya saat riset di 428 titik lokasi di Kabupaten Jember. 

Mereka mendatangi lokasi-lokasi yang secara definitif menjadi tempat bermukimnya warga masyarakat Kabupaten Jember, Jawa Timur. Di kesempatan bertemu itu, Haji Hendy dan Gus Firjaun mempelajari kondisi di tiap-tiap daerah sampai ke pelosok dan wilayah perbatasan dengan kabupaten-kabupaten tetangga. 

Baca Juga: Haji Hendy: Daerah Perbatasan dan Pinggiran Jarang Tersentuh Pembangunan

Dari hasil berinteraksi dan berkomunikasi secara tatap muka dengan masyarakat setempat itu didapat temuan yang seragam. Masyarakat mengeluhkan tentang beban hidup yang semakin sulit karena kemiskinan, buruknya sarana perairan yang menyulitkan petani bercocok tanam, serta belum tersentuhnya daerah mereka oleh pembangunan. 

Kabupaten Jember selama ini tidaklah merata. Pembangunan hampir tak menyentuh pelosok dan daerah pinggiran maupun perbatasan Jember. Untuk pembangunan di Jember, calon pemimpin Kabupaten Jember nomor urut 2 di Pilkada 9 Desember nanti punya konsep tersendiri.

Jelas Calon Bupati Nomor Urut 2, Hendy Siswanto, “Mengenai pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Jember, partisipasi masyarakat sangatlah penting, sehingga pengembangan potensi daerah dengan budaya, kelestarian lingkungan dan kearifan lokal di setiap desa akan betul-betul bisa diprediksi dari awal untuk dilakukan pembangunan secara tepat.”

Gus Firjaun menambahkan tentang gagasan bersama Hendy Siswanto, yakni membangun Smart Village atau desa mandiri. “Yang dimaksudkan dengan smart village adalah merupakan mekanisme untuk menghilangkan kesenjangan pembangunan antara desa dan perkotaan. 

"Kita akan tingkatkan kemampuan masyarakat desa, agar pada gilirannya, masyarakat desa bisa memberikan solusi sendiri untuk masalah yang mereka hadapi.” (*) mel/mel  Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X