Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Pengganti Edhy Prabowo di Kabinet Jokowi Diyakini Masih dari Gerindra

Politik
27 Nov 2020
Pengganti Edhy Prabowo di Kabinet Jokowi Diyakini Masih dari Gerindra

hariansuara.com, Jakarta - Kursi Menteri Kelautan dan Perikanan lowong pasca mundurnya Edhy Prabowo yang terjerat kasus suap izin ekspor benih lobster. Meski saat ini ada Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang mengisi Menteri Kelautan dan Perikanan ad interim.

Presiden Jokowi menunjuk Luhut sementara sampai ada pengganti definitif Edhy.

Pengamat politik Ray Rangkuti memprediksi kemungkinan pengganti Edhy masih berada dari Gerindra. Sebab, ini terkait jatah Gerindra di kabinet Indonesia Kerja yaitu dua menteri.

"Kan kesepakatan itu ada dua yaitu Prabowo di menhan Edhy di KKP. Nah,kalau kondisi begini saya juga masih yakin itu jatah Gerindra," ujar Ray kepada hariansuara, Jumat, 27 November 2020.

Menurut dia, akan jadi bola panas di kabinet Jokowi jika menggantikan Edhy dari partai lain. Kecuali ada reshuffle namun jatah Gerindra tetap dua menteri.

"Itu bisa saja apalagi kondisi politik begini. Tapi kalau sampai dihanti dan jatah Gerindra cuma satu ya bakalan panas itu kabinet," kata Ray.

Hal sama disampaikan pengamat politik asal Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin. Ia bilang rawan konflik jika menempatkan kader dari partai lain sebagai menteri kelautan dan perikanan.

Begitupun jika pengganti Edhy dari kalangan profesional juga sulit secara politik.

"Bisa saja asal Gerindra dapat jatah lain selevel menteri. Kalau enggak ya ada duri dalam daging nanti dalam kabinet," sebut Ujang.

Menurut dia, seharusnya Jokowi segera berkoordinasi dengan PartaI Gerindra terkait hal ini. Salah satunya agar isu kursi panas tersebut tak berlanjut jadi kontroversi yang berkepanjangan.

"Sesegera mungkin saja. Jangan sampai kabinet jadi persoalan selagi banyak masalah yang harus diselesaikan," tutur Ujang.(*) ras/stm      FOTO: Edhy Prabowo/Twitter @Edhy_ Prabowo

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X