Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jokowi Buka Calling Visa untuk Israel, Fadli Zon: Melukai Umat Islam

Politik
28 Nov 2020
Jokowi Buka Calling Visa untuk Israel, Fadli Zon: Melukai Umat Islam

hariansuara.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi membuka kebijakan mengejutkan dengan mengaktifkan calling visa untuk warga Israel menuai sorotan. Kebijakan tersebut dinilai keliru jika benar terealisasikan.

Anggota DPR Komisi I, Fadli Zon menilai kebijakan tersebut justru hanya mengkhianati perjuangan politik luar negeri RI. Menurut dia, kebijakan tersebut harus segera dibatalkan.

Menurut Fadli, kebijakan tersebut sama saja melukai umat Islam di Tanah Air.

"Rencana Pemerintah @jokowi mengaktifkan calling visa utk Israel adalah sebuah pengkhianatan thd perjuangan politik luar negeri RI selama ini. Harus dibatalkan sesegera mungkin. Selain bertentangan dg konstitusi jg melukai umat Islam di Indonesia," tulis Fadli di akun Twitternya, @fadlizon yang dikutip hariansuara, Sabtu, 28 November 2020.

Kebijakan pengaktifan calling visa untuk warga Israel bikin kaget publik. Sebab, saat berbagai titik perbatasan Indonesia masih ditutup untuk kunjungan

orang asing karena pandemik Covid-19, pemerintah mendadak membuka layanan calling

visa. 

Untuk diketahui dalam layanan ini juga dibuka untuk tujuh negara lainnya Afghanistan, Guinea, Korea Utara, Kamerun, Liberia, Somalia, dan Nigeria.

Nah, kebijakan calling visa biasanya diberikan untuk warga asing yang kondisi negaranya dalam catatan karena memiliki tingkat kerawanan tertentu. Hal ini merujuk aspek ideologi, politik, sosial, pertahanan dan keamanan negara dan aspek keimigrasian.

Terkait itu, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Arvin Gumilang, menjelaskan, pelayanan calling visa termasuk untuk Israel diberlakukan mulai Senin, 23 November 2020.

Arvin menyampaikan layanan ini sempat disetop karena alasan pandemi Covid-19. Namun, ujicoba kebijakan ini sudah dilakukan pada Jumat, 20 November 2020.

Dengan demikian, dalam praktiknya nanti para penjamin WNA dari negara subjek calling visa bisa mengajukan permohonan melalui laman www.visa-online. imigrasi.go.id.

Dia menekankan alasan kembali dibukanya calling visa untuk membuka kesempatan tenaga ahli dan investor yang berasal dari negara-negara calling visa. (*) roh/lia     FOTO: Fadli Zon/Instagram @fadlizon  

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X