Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jalan Rusak di Kabupaten Jember itu 'Lagu Lama' Tanpa Solusi

Politik
29 Nov 2020
Jalan Rusak di Kabupaten Jember itu 'Lagu Lama' Tanpa Solusi

hariansuara.com, Jember - Infrastruktur jalan di Kabupaten Jember mulus? Oh, tidak! Di Jember ini dalam lima tahun terakhir lebih banyak jalan yang rusak daripada yang baik. Jangankan di lingkungan pemukiman warga, di kota saja, katakan di 'boulevard'-nya Jember, dari Jalan Gajah Mada, Sultan Agung sampai alun-alun lewat sedikit, kondisi jalan raya seperti itu. Beraspal pun benjol-benjol karena tambal sulam sekenanya.

Kondisi jalan serupa itu tampaknya sebuah pemandangan umum di Jember. Ceritanya pun serupa. Masyarakat telah mengajukan permohon perbaikan jalan, tetapi tak juga berjawab. Jalan tetap saja berlubang, sehingga tak jarang memakan korban, terutama ketika malam atau hari sedang hujan.

Aksi sosial para pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) di Kencong beberapa waktu lalu itu menandai kekesalan mereka. Pemerintah daerah tak peka terhadap kebutuhan warga akan jalan yang aman dilalui. Mereka membeli pasir, lalu menutupi lubang-lubang di jalan. Lubang yang terlalu besar, mereka tanami pohon pisang. 

Agus Nur Yasin, Ketua GP Ansor Kencong, mengatakan, "Kami melakukan aksi sosial ini untuk menggugah kesadaran pemerintah daerah untuk memperhatikan Kencong di Jember Barat. Selama ini daerah kami kurang mendapatkan perhatian. Contoh konkret, ya jalan ini. Rusak sejak lama, dan sudah memakan korban,” ujarnya.  

Sesungguhnya keluhan masyarakat akan jalan yang rusak ‘lagu lama’. Sejak 2017 demo sempat digelar di depan kantor DPRD Jember (10/4). Mereka menuntut janji bupati memperbaiki jalan yang berlubang. Masih ingat aksi Jumadi, warga Gebang Jember, saking kesalnya, ia nekat ‘memakan’ aspal.

Pun begitu, demo masyarakat sekadan tak ada arti apa-apa. Sampai kini, tahun 2020, jalan tetap saja berlubang dan bertambal-tambal. Bahkan di jalan yang sangat parah berubah menjadi kubangan. Warga menebar bibit lele di sana, menjadikan jalan sebagai tempat budi daya lele. 

Infrastruktur yang Baik Itu Hak Masyarakat Jember

Di pedesaan, bagaimana keadaan jalan? Ternyata, tak ada jalan yang benjol-benjol atau pun tambalan, sebab akses jalan pun tak ada. Di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, misalnya. Warga lalu lalang setiap hari lewat jalan setapak seaslinya, yaitu masih tanah. Mana sempit, kendaraan roda empat pun tak bisa lewat. Pada musim hujan, tanah merah itu licin, sementara di sisi jalan adalah tebing. 

Bertahun-tahun, seorang warga di sana memberi keterangan, dusunnya seperti itu. Lapor ke kepala desa sudah berkali-kali sejak bertahun-tahun hingga lurahnya silih berganti, tetap tidak ada tanggapan. 

Haji Hendy Siswanto, Calon Bupati Jember nomor urut 2 yang berpasangan dengan Gus Firjaun, terkejut sekali saat mengunjungi dusun itu. Tak habis pikir bagaimana masyarakat Baban Timur bisa beraktivitas jika kondisinya seperti itu. Mengapa pula dibiarkan selama bertahun-tahun. Sewajibnya pemerintah daerah turun tangan, sebab tugasnya adalah melayani kebutuhan masyarakat akan jalan yang aman dan baik.

Tak sampai hati, Haji Hendy langsung turun tangan. Ia mengerahkan excavator untuk melebarkan jalan sepanjang 10 meter, dari Curah Emas sampai ke Dampikrejo. Kini warga bisa melewati jalan dengan aman dan nyaman.. 

“Kami sama sekali tak menyangka jalan utama di Baban Timur yang dulu sempit kini lebar seperti sekarang. Bertahun-tahun, sudah gonta-ganti kepala desa, pengajuan kami untuk pelebaran jalan ke pemerintah daerah tetep nihil, tapi Haji Hendy langsung menolong kami. MasyaAllah. Jazakallah khayran katsiron, Pak Haji Hendy,” ungkap warga, terharu, saat diadakan tasyakuran jalan telah lebar di dusunnya pada Sabtu, 20 November lalu. (*) mel/mel    Foto: HSC. IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X