Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Plh Bupati Jember Hadi Sulistyo Teman Kecil Bupati Terpilih Hendy Siswanto

Politik
20 Feb 2021
Plh Bupati Jember Hadi Sulistyo Teman Kecil Bupati Terpilih Hendy Siswanto

hariansuara.com, Jember – Sejak tiga hari lalu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta) Jawa Timur, Hadi Sulistyo, menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jember. Praktis, dimulai sejak dilakukan serah terima jabatan dari Bupati Faida ke Plh Pemerintah Daerah pada 17 Februari lalu.  

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menugaskan Dr. Ir. Hadi Sulistyo, MSi untuk mengawal masa transisi pemerintahan daerah, menanti pelantikan dan pengukuhan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjauan Barlaman (Gus Firjaun) sebagai Bupati-Wakil Bupati Jember yang jatuh pada 25 atau 26 Februari 2021.

Keputusan yang sangat tepat. Alih-alih terjerembab ke dalam 'kegaduhan buatan' di Kabupaten Jember, Gubernur Khofifah justru menunjuk Hadi Sulistyo sebagai Plh Bupati.

Sekilas flashback, Bupati Faida menonaktifkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab), Ir Mirfano. Kemudian, ia menunjuk Edy Budi Susilo sebagai penggantinya. Namun sebentar kemudian, ia menujuk Ahmad Imam Fauzy sebagai Sekkab.

Padahal Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menginstruksikan Pemkab Jember untuk mengembalikan personel di Pemkab ke SOTK 2016. Tapi tidak diindahkan, sehingga timbullah kekisruhan di Pemkab Jember.

Syukurlah, kegaduhan itu pupus. Plh Bupati Hadi Sulistyo, kelahiran 15 November 1962 itu, pun menjabat sambil menanti hari pelantikan dan pengukuhan Bupati dan Wakil Bupati Jember untuk periode 2021-2024.

Sahabat Kecil dari Bupati Jember Terpilih

Kepada media, sempat Plh Hadi Sulistyo bercerita sekelumit tentang dirinya. Bahwasanya ditugaskan ke Jember, baginya, ibarat 'mudik'. Sebab ia lahir dan  tumbuh besar di Jember, hingga kemudian lulus S1 dari Fakultas Pertanian, Universitas Jember.

Mendiang orang tuanya, lanjut Hadi, mengagumi figur Abdul Hadi, tokoh Jember yang menjadi Bupati dua periode, 1968-1979. Karena itulah, ia pun diberi nama Hadi.

Boleh juga kekaguman Ayahandanya kepada sosok Abdul Hadi tersebut membuncah menjadi doa kiranya putranya kelak menjadi Bupati. Seperti doa yang terjawab, meski hanya menjabat sebagai Plh Bupati Jember selama 10 hari, namun nama dan foto diri Hadi Sulistyo akan terpampang sebagai Bupati Jember di Aula PB Sudirman.

Rumah pribadinya pun masih ada, tepatnya di belakang Hotel Java Lotus di Tembaan, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates. Namun, karena rumahnya yang kosong itu sedang direnovasi, maka selama bertugas sebagai Plh Bupati Jember ini, Hadi Sulistyo tinggal di Pendapa Wahyawibawagrah, kediaman dinas Bupati Jember. 

Jember ini kampung kelahiran saya, lanjutnya. Tumbuh besar di sini, bersekolah di sini. Uniknya lagi, Bupati Jember Terpilih, Haji Hendy Siswanto itu adalah sahabat kecilnya.

Keduanya sama-sama bersekolah di SD Negeri Sawahan IV. Kalau pulang sekolah lewat depan rumah. Pas musim mangga, buahnya menggelantung dekat pagar. "Pak Hendy sahabat saya ini ya ambil mangganya he he he. Namanya juga anak kecil,” ujar Hadi Sulistyo, yang bila namanya diakronimkan akan menjadi HS, sama dengan Hendy Siswanto. 

Banyak kejadian unik yang indah, karena itu memang terjadi atas kehendak Sang Maha Kuasa. (*) mel/mel          Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X