Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Kali ini di Desa Gumukmas, Bupati Jember Hendy Siswanto Serahkan Sertifikat Tanah Hasil PTSL 2021

Politik
07 Apr 2021
Kali ini di Desa Gumukmas, Bupati Jember Hendy Siswanto Serahkan Sertifikat Tanah Hasil PTSL 2021

hariansuara.com, Jember - Kembali, Pemerintah Kabupaten menyerahkan menyerahkan kepada masyarakat. Total ada sebanyak 642 sertifikat tanah hasil PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) 2021 telah selesai diterbitkan dan diserahterimakan. 

Pada Selasa (6/4/2021), Bupati Hendy Siswanto menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat dari 3 desa di Kecamatan Gumukmas, yaitu Desa Gumukmas, Desa Mayangan, Desa Kepanjen, serta Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah. Ikut mendampingi ketika itu Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Jember, Sugeng Muljo Santoso, beserta Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan).

Bupati Hendy Siswanto mengingatkan warga untuk menyimpan dengan baik sertifikat yang diterima. Tidak diberikan siapa pun. 

“Sertifikat tanah bernilai sekali, sebab bisa dijadikan jaminan di bank untuk buka usaha. Asal jangan diberikan kepada rentenir,” ujar Bupati Hendy. 

Bupati Hendy Siswanto menyampaikan kabar gembira kepada hadirin di kesempatan itu, bahwa Kabupaten Jember telah memiliki APBD untuk mewujudkan pembangunan, pelayanan maupun pembenahan. 

Selain memenuhi kebutuhan pupuk di sektor pertanian, Pemkab Jember akan memperbaiki infrastruktur jalan di seluruh Kabupaten Jember. Mulai dari jalan di Kabupaten, desa dan dusun se-Kabupaten Jember. 

“Mohon maaf jika dalam pengerjaan mewujudkan jalan yang mulus di Kabupaten Jember terjadi kemacetan,” ujar Bupati Hendy. 

Sempat ditambahkan oleh Bupati Hendy, Pemkab Jember telah menaikkan anggaran demi memberi pelayanan lebih baik kepada masyarakat. Sebut saja, anggaran pelayanan kesehatan dari 10 persen menjadi 14 persen. Kemudian untuk anggaran pendidikan sebesar 26 persen dari ketentuan minimal 20 persen.

Program PTSL adalah bukti dari keseriusan pemerintah dalam menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas tanah masyarakat. Untuk itu pemerintah menganggarkan pembiayaan pengurusan sertifikat tanah masyarakat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan juga Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Di Kabupaten Jember sendiri, ujar Sugeng Muljo Santoso, Bupati telah membantu program PTSL bisa berjalan. Dana pengurusan sertifikat tanah menggunakan anggaran APBD. Total telah 642 sertifikat dari  94.000 bidang selesai diserahkan. Namun, sempat tersendat akibat pandemi COVID-19. Masih ada sekitar 34.000 yang belum bisa diterbitkan. (*) mae/mel    Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X