Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Berkoordinasi dengan Kemendagri, Bupati Jember dan Forkopimda Kawal Larangan Mudik

Politik
04 May 2021
Berkoordinasi dengan Kemendagri, Bupati Jember dan Forkopimda Kawal Larangan Mudik

hariansuara.com, Jember - Senin (03/05/2021) Bupati  Hendy Siswanto dan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti rapat koordinasi (rakor) secara virtual dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Pendopo Wahyawibawagraha.  

Agenda Rakor mengupas tentang penegakan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) dan penanganan COVID-19 di Daerah. 

Dikupas oleh Kemendagri tentang kondisi terkini pandemi COVID-19 secara nasional. Dibahas juga potensi kerawanan jelang libur panjang Hari Raya Iedul Fitri 1442 Hijriyah.

Daerah, dibahas dalam rakor, berperan penting dalam mengawal tegaknya Prokes dan penanganan COVID-19. Karenanya, pemerintah membuat kebijakan larangan mudik.

Selesai rakor, kepada pers, Bupati Hendy tegas melarang masyarakat mudik atau pulang kampung ke Jember.  Pasalnya, pandemi COVID-19 ini sangat nyata. 

"Tidak boleh mudik, tidak bisa ditawar lagi. Kami minta tolong untuk kerjasamanya agar wabah ini berakhir,” tegas Bupati Hendy, sambil mengajak semua pihak menjaga keselamatan bersama.

Bupati Hendy juga menggarisbawahi tradisi masyarakat membeli baju baru di Hari Lebaran. Orang tua khusus ke pusat perbelanjaan atau mal membelikan putra-putrinya baju. 

Diingatkannya, agar semua menjaga diri dengan tidak berkerumun. Masker selalu terpasang. Jaga tangan tetap bersih dengan mencuci tangan dengan sabun atau menyemprotkan hand sanitizer.

Taktislah mengatur waktu ke mal. Hindari jam-jam padat pengunjung seperti malam hari. Biasanya toko agak lengang di siang hari. Dengan demikian, teratur, sehingga tidak membentuk kerumunan yang berpotensi penularan COVID-19.

Pembeli menjaga keselamatan dirinya, pun manajemen pusat perbelanjaan. Tempatkan petugas khusus untuk mengingatkan pembeli mengenakan masker. Secara persuasif, tetapi tegas. Ketentuan bermasker, prinsipnya, mesti diindahkan oleh semua, tak terkecuali?

Pemerintah Kabupaten Jember secara proaktif menebarkan petugas, berkeliling menegakkan protokol kesehatan 5 M--mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengindari kerumunan dan membatasi mobilitas. 

Bersinergi dan berkolaborasi menjaga dan melindungi diri dari COVID-19. (*) aini/mel         Foto: Pemkab Jember

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X