Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Masyarakat Jember Urus Administrasi Kependudukan Gratis dan Cukup di Kecamatan 

Politik
10 Jun 2021
Masyarakat Jember Urus Administrasi Kependudukan Gratis dan Cukup di Kecamatan 

hariansuara.com, Jember - Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) resmi di-launched di Kecamatan Kencong Selasa (08/06/2021). Di kesempatan berharga itu hadir Bupati Jember Hendy Siswanto, didampingi Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman. 

Acara berslogan Wes Wayahe Pelayanan Adminduk Tuntas di Kecamatan (Wayan Adus Ketan) diawali dengan gelaran seni budaya Jember. Bupati Hendy mengamanahkan di awal untuk memberi panggung bagi kesenian dan kebudayaan Jember.

Kali ini pagelaran berupa Tari Remo persembahan dari SMK PGRI 5 Kencong, Tari Geleng Room dari SMAN 1 Kencong, dan Guest Star Performance Drama Komedi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Isnaini Dwi Susanti menyampaikan laporannya, pelayanan inovasi Adminduk ini dibuat untuk memudahkan masyarakat di lokasi jauh dari Kota Jember untuk mengurus administrasi kependudukan. 

“Masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Pusat. Mengurus Adminduk dapat diselesaikan di Kecamatan. Adapun pelayanan Adminduk di Kecamatan Kencong ini meliputi 4 Kecamatan, yaitu Kencong, Gumukmas, Umbulsari dan Jombang.”

Kencong dipilih jadi tempat diresmikannya pelayanan ini, karena 2 bulan sebelumnya Dispendukcapil Jember telah menguji coba pelayanan itu di sana. Ke depan akan ada lagi 7 titik kecamatan mengadopsi inovasi layanan Adminduk serupa.

Disambut penuh suka cita oleh Bupati Hendy atas inovasi pelayanan yang terbaik dari Dispendukcapil bagi masyarakat dalam mengurus Adminduk. Disampaikannya, rasa terima kasihnya kepada KaDispendukcapil beserta seluruh pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini. 

“Inovasi pelayanan Adminduk di kecamatan ini langkah pemerintah dalam memenuhi hak setiap Warga Negara Indonesia untuk mendapatkan dokumen kependudukan secara lebih mudah dan tidak dipungut biaya alias gratis. Juga, dengan berintegrasi dan berkolaborasi, Jember bisa menjadi kabupaten yang hebat. Kita harus bekerja bersama-sama dan terus memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelas Bupati kepada pers.  

Penandatanganan Pakta Integritas Seluruh Kecamatan 

Di acara ini juga dilakukan penandatanganan pakta integritas pelayanan Adminduk kecamatan. Secara simbolis, penandatangan Camat Kencong Bobby A. Sandy bersama Kasi Pelayanan Umum dan 2 operator, lalu dilanjut oleh seluruh camat secara virtual.

Dengan rasa bungah dan syukur, Bupati menyaksikan langsung penandatanganan pakta integritas dan pemberian penghargaan kepada Camat dan Kepala Desa atas cakupan layanan Adminduk terbaik.

Kemudian Bupati dan Wabup Jember memberi penghargaan kepada Camat dan Kepala Desa dengan prestasi pelayanan Adminduk terbaik. “Prestasi ini harus terus dikembangkan. Teruslah naik prestasinya,” ungkap Bupati Hendy.

Penerima penghargaan atas prestasinya. Pertama, Camat Puger sebagai perekaman KTP-el bagi pemula tertinggi. Kedua, Camat Kaliwates untuk kepemilikan kartu identitas anak tertinggi. Ketiga, Camat Sumbersari atas pencetakan akta kelahiran tertinggi, dan keempat, Kades Sidomukti dengan prestasi pelayanan Adminduk membahagiakan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, seluruh camat juga menandatangani pakta integritas pelayanan adminduk kecamatan. Secara simbolis, penandatangan dilakukan oleh Camat Kencong Bobby A. Sandy bersama Kasi Pelayanan Umum dan 2 orang operator, serta penandatagan seluruh camat dilakukan secara virtual. (*) Fudholi/Surya     Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X