Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Bupati Jember Ajak Masyarakat Desa Segera Bangkit dan Berjuang Bebas dari AKI-AKB & Stunting

Politik
10 Jun 2021
Bupati Jember Ajak Masyarakat Desa Segera Bangkit dan Berjuang Bebas dari AKI-AKB & Stunting

hariansuara.com, Jember - Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman menemui para kader Posyandu se-Kecamatan Kencong, bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Dra Hj Kasih Fajarini, serta Wakil Ketua, Hj Ervita Fadilah Sari pada Selasa (08/06/2021).

Berkumpul sudah seluruh elemen masyarakat. Mulai Ketua RT/RW, Kades, Camat, Kader Posyandu, Pendamping Desa, Aparatur Sipil Negara (ASN). Kepada semua pihak, tanpa terkecuali, Bupati Hendy mengajak untuk saling bahu-membahu menangani masalah pelik di Kabupaten Jember: Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI-AKB) dan Stunting.

“Menurunkan AKI-AKB dan mencegah terjadinya Stunting diperlukan kerja keras dan kekompakan seluruh elemen masyarakat selaku pelayan masyarakat. Tujuan dan kerja keras ini adalah pekerjaan yang sangat mulia,” ujar Bupati Hendy.

Lebih gamblang disampaikan Bupati, membangun jalan dan infrastruktur gampang. Yang penting ada anggarannya. Namun membangun sumber daya manusia, dan yang sedang kritis adalah masalah Stunting, AKI dan AKB ini, dibutuhkan lebih dari sekadar anggaran. Sangat diperlukan ketekunan, kesabaran dan keikhlasan kita dalam membantu saudara-saudara kita.

Pemkab Jember menggugah semua pihak menyelamatkan putra-putri Jember yang kelak bisa menjadi generasi emas harapan masa depan. Di bidang masing-masing bisa berperan untuk menolong mereka. Sesi tanya jawab ini pun dimanfaatkan untuk menyampaikan kendala dan masalah yang dihadap selama ini. Para pemangku keputusan yang hadir pun memberi masukan dan solusi. 

“Sekali lagi, Bapak dan Ibu, menurunkan AKI, AKB dan stunting ini bukan pekerjaan instan. Mari kita menghadapinya dengan bergandengan tangan, kompak bekerjasama, berkolaborasi dengan sabar, pendekatan humanis, dan berkelanjutan,” tandas Bupati Hendy.

Pemkab Ingin Mandirikan Ekonomi Masyarakat

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Jember juga telah bertemu dengan Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berancana (DP3AKB) Suprihandoko untuk mendapatkan laporan bulanan yang obyektif di lapangan tentang Stunting, AKI dan AKB. Kondisi awal, lengkap dengan lokasi dan keterangannya. Setelah dilakukan treatment, hasilnya seperti apa. 

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga telah diminta untuk bergerak melakukan penanganan sesuai bidang masing-masing. Secara serempak ini dilakukan untuk mencapai target pada 2022 kasus stunting, AKI, AKB dapat ditekan secara signifikan. 

“Target kami pada 2022 selesai masalah stunting, AKI-AKB ini dengan kita bergerak semua bersama-sama, saling gotong royong menyelesaikan masalah ini,” tandas Bupati Hendy saat DP3AKB beraudiensi di Pendopo Wahyawibawagraha pada Rabu (21/04/2021).

Dalam pertemuan di Kecamatan Kencong ini pun, Bupati Hendy mengulangi ajakannya kepada semua pihak hingga ke tingkat desa bersama-sama membangun Jember. Niat ini akan terlaksana jika semua pihak berandil dalam perannya masing-masing.

Bupati juga mengajak masyarakat desa membentuk penggerak PKK, koordinator Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk bersama-sama maju, mandiri ekonominya dan bangkit. (*) Nuh/Santang    Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X