Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Pemkab Jember Tak Dukung Kebijakan Diskriminatif Alih-alih Otonomi Daerah 

Politik
11 Jun 2021
Pemkab Jember Tak Dukung Kebijakan Diskriminatif Alih-alih Otonomi Daerah 

hariansuara.com, Jember - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember terus membenahi segala sektor, internal-eksternal, pun di aras kebijakan. Dalam video conference dengan Lembaga Ketahanan Nasional RI (LEMHANAS), tercuat beberapa hal yang digarisbawahi oleh Bupati Hendy Siswanto untuk dibenahi bersama. 

Hadir saat itu Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Plt. Kepala Dinas Sosial, Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Plt Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem).

Saat ini Kabupaten Jember masih menghadapi beberapa masalah pembangunan sumber daya manusia. Disebut Bupati, di antaranya masih rendahnya pembangunan berbasis gender untuk melindungi dan memenuhi hak anak. 

Kemudian masih terbatasnya partisipasi anak dan perempuan dalam pengambilan kebijakan publik. Juga rendahnya fasilitas pembangunan yang ramah disabilitas. Masih banyak juga ditemui perkawinan dini yang berakhir dengan kehancuran, karena ketidaksiapan mental antara pasangan suami istri. Ini pekerjaan rumah yang harus dituntaskan secara baik.

Untuk itu diminta oleh Bupati kepada OPD terkait untuk komit melakukan arahan dari Lemhanas. Beberapa langkah solutif yang dirumuskan, di antaranya setiap desa mesti aktif melakukan program pemberdayaan masyarakat dan perempuan.

Di samping itu memaksimalkan penggunaan anggaran desa untuk memandirikan desa secara finansial. Dengan berdaya secara ekonomi, banyak hal positif dapat dilakukan untuk sejahterakan masyarakat. 

Bupati Jember menegaskan bahwasanya tidak mendukung kebijakan bersifat diskriminatif yang mengatasnamakan otonomi daerah. Selain itu, ditekankan tentang pentingnya menjalankan tugas pemerintah dengan melakukan sinergi, kolaborasi dan akselerasi untuk memajukan Kabupaten Jember.

Di samping itu, untuk mendorong pembangunan ekonomi Jember secara keseluruhan, segi pengembangan infrastruktur merupakan faktor sangat penting dilakukan. (*) Abidin/Maulana      Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X