Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Inisiatif Bupati Jember Dirikan Dapur Umum Siapkan Santapan Warga Isoman

Politik
18 Jul 2021
Inisiatif Bupati Jember Dirikan Dapur Umum Siapkan Santapan Warga Isoman

hariansuara.com, Jember - Tak sedikit warga Jember yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing. Keberadaan terinfeksi virus Corona penyebab Covid-19 ini membuat mereka tidak berani keluar rumah. Di samping khawatir menularkan virus ke orang lain, juga tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate) di fasilitas kesehatan begitu tinggi. 

Dengan segala pertimbangan, akhirnya tak sedikit warga yang akhirnya memilih isoman. Kendati isoman bukan pilihan yang perfek, sebab banyak kasus nyawa pasien tak tertolong. Seperti belum lama dialami pengacara mendiang H Mohamad Nuril SH, MH. Seminggu ia isoman, tetapi akhirnya menyerah sesudah berjuang melawan Covid-19. 

Untuk itulah, Pemerintah Pusat memerintahkan agar tim medis di tingkat puskesmas proaktif mendampingi pasien isoman. Tentu koordinasi yang baik terjalin antara puskesmas dengan Satgas penanganan Covid-19. 

Bagi pasien isoman Covid-19, Bupati Jember Hendy Siswanto berinisiatif mendirikan dapur umum di wilayah perkotaan Jember. Menyiapkan makan siap santap tiga kali sehari.

“Kami seluruh jajaran Satgas Penanganan Covid-19 juga Forkopimda bahu-membahu memberikan pelayanan kepada masyarakat Jember di tengah pandemi. Mulai hari ini dapur umum dioperasikan untuk menyiapkan makanan bagi para warga yang menjalani isolasi mandiri,” jelas Bupati Hendy.

Sekarang ada dua titik dapur umum didirikan. Pertama, di Taman Kota Sumbersari. Dapur umum inimelayani warga isoman yang bermukim di Kecamatan Sumbersari, Patrang dan Kaliwates. Kedua, dapur umum di Jember Sport Garden, untuk melayani warga isoman setempat.

Satu dapur umum ditargetkan dapat menyiapkan 1.500 paket makanan untuk melayani 500 warga tiga kali makan dalam sehari.

Disampaikan Bupati Hendy, Pemerintah terus proaktif dalam menangani Covid-19. Untuk itu, pintanya, masyarakat juga harus proaktif mematuhi peraturan, disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan kompak bersama-sama menjaga diri berarti memutuskan rantai penyebaran Covid-19. 

“Kekompakan kita adalah kunci menghentikan pandemi Covid-19,” tandas Bupati Hendy. (*) Melia Hapsarani/Nuh          Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X