Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Begini Tips Beli Rumah Untuk Pertama Kali

Properti & Investasi
02 Dec 2019
Begini Tips Beli Rumah Untuk Pertama Kali

hariansuara.com, Jakarta -  Pasti setiap orang ingin memiliki rumah sendiri bahkan menjadi prioritas bagi sebagian orang. Bagi Anda yang ingin membeli rumah untuk pertama kalinya, jangan menganggap bahwa membeli rumah itu mudah.

Bagi yang sudah berpasangan tentunya harus berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangannya dan jika masih bujang maka harus memikirkannya dengan matang matang dengan bertanya ke seseorang yang lebih paham tentang rumah. Jangan sampai terjadi salah dalam membeli rumah karena kurangnya perhitungan, perencanaan, dan yang seharusnya menjadi rumah idaman malah berubah menjadi rumah yang tidak nyaman. 

Persiapkan dengan matang – matang dengan mencari informasi terkait proses membeli rumah, dari biaya awal yang harus kalian siapkan, surat surat yang harus disiapkan, apa saja pajak – pajaknya, dan jangan lupa juga cek lokasi dan lingkungan disekitar rumah yang akan dibeli.    Berikut beberapa tips dari Sevendreams Property. Berikut beberapa tipsnya :

1. Berpikir untuk Jangka Panjang

Maksudnya Anda harus memikirkan apakah  membeli rumah untuk di tempati atau untuk investasi. Karena hal tersebut beda strategi, jadi tentukan terlebih dahulu.

2. Hitung dan Teliti

Pastinya Anda harus menghitung secara cermat berapa biaya yang akan kalian keluarkan untuk membeli rumah baru. Perhitungannya dari uang muka, cicilan per bulan, bunga yang diberikan, asuransi dan hal lainnya seperti pemasangan infrastrutur, biaya tukang, dan perbaikan lainnya. Jangan sampai salah memilih dan tergiur dengan tawaran icilan muara ataupun dp nol persen, namun masih banyak biaya – biaya yang tak termasuk di dalamnya Anda harus lebih teliti kembali dalam melihat penawaran tersebut, lalu sesuikan dengan budget yang punya jangan sampai lebih dari 50% pendapatan Anda ataupun gabungan pendapatan dengan pasangan. Jadi hitung dengan benar dan teliti dalam memilih penawaran.

3. Lokasi Rumah

Hal in sangat penting bagi yang ingin membeli rumah baik untuk berinvestasi ataupun untuk kalian tempati. Karena lokasi memiliki faktor penting seperti harga dari rumah tersebut. Jika rumah tersebut akses jalannya kurang bagus maka harganya pun kan murah maka beberapa hal yang harus  diperhatikan seperti akses jalan yang baik menuju rumah tersebut, dekat dari kota tak terlalu pelosok untuk memudahkan kalian menuju rumah sakit, pasar, sekolah dan fasilitas lainnya. Jadi Anda harus memikirkan kembali jika ada harga rumah murah namun lokasinya jauh pusat kota karena jika rumah ini untuk ditempati maka Anda harus menghitung ongkos yang akan dikeluarkan untuk menuju tempat tempat umum yang akan dituju.

4. Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Jangan malu untuk bertanya atau konsultasi hal hal yang belum dipahami. Karena konsultasi akan memberikan Anda pilihan dan keputusan yang lebih baik lagi. Konsultasi ke agen ataupun bisa juga konsultasi ke keluarga dan pasangan,  jadi tetap berkonsultasi untuk memudahkan Anda.

5. Perangkat Rumah

Jangan lupa untuk mengisi rumah dengan membeli perangkat rumah. Saran buat yang ingin membeli perangkat rumah prioritaskan terlebih dahulu barang barang yang penting agar tidak membuat keuangan membengkak. Jadi sisih kan uang Anda sesudah membeli rumah dan jangan sampai membeli rumah namun tidak ada isi didalamnya.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X