Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Permintaan Naik di Bulan Juni, tapi Akad KPR Malah Anjlok

Properti & Investasi
29 Jul 2020
Permintaan Naik di Bulan Juni, tapi Akad KPR Malah Anjlok

hariansuara.com, Jakarta - Bank Tabungan Negara (BTN) melaporkan mulai mencatat adanya lonjakan permintaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Juni 2020. Kenaikan itu lebih tinggi dibandingkan permintaan pada Mei 2020.

Direktur Utama BTN, Pahala Nugraha Mansury mengatakan, selama Juni dari rujukan aplikasi yang masuk untuk KPR menembus 12.981. Angka ini mengalami lonjakan 74,6 persen dari Mei 2020 sebanyak 7,433 aplikasi. 

"Ada peningkatan aplikasi sampai 70 persenan lebih. Ini bagus ada kenaikan dan potensial," kata Pahala dalam webinar yang digelar BTN dan dikutip hariansuara, Rabu, 29 Juli 2020.

Pun, dari sisi penerbitan Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit (SP3K) juga mengalami peningkatan. Kenaikan itu dari 5.852 jadi sebanyak 8.712.

Namun, ia menjelaskan meski ada lonjakan permintaan tapi dari tahap akad terealisasinya KPR justru alami penurunan. Hal ini merujuk data dari Mei 2020 sebanyak 6.182 jadi 5.871.

Pahala menjelaskan, kondisi tersebut bukan disebabkan BTN selektif. Namun, juga lebih disebabkan persoalan internal dan regulasi. 

Pemicu itu bisa karena fasilitas prasarana, sarana dan utilitas yang harus dipenuhi pengembang. Lalu, juga karena konsumen masyarakat menurun dan tak mau ambil risiko di tengah pandemi Covid-19.

"Ini sayang sekali dari 12 ribu aplikasi akad hanya 5.871. Jadi, kurang lebih sekitar 60 persen dari aplikasi yang disetujui, hanya sebesar ini," tuturnya. (*) stm/stm    FOTO: Dok. BTN

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X