Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Penjualan Properti Menurun, Harganya cuma Naik Sedikit

Properti & Investasi
13 Nov 2020
Penjualan Properti Menurun, Harganya cuma Naik Sedikit

hariansuara.com, Jakarta - Pertumbuhan properti di tengah pandemi Corona Covid-19 jadi perhatian. Dari survei Bank Indonesia dilaporkan harga properti residensial tumbuh tipis pada kuartal III-2020. 

Dari survei itu, diketetahui gambaran Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) Kuartal III-2020 sebesar 1,51 persen. Angka ini cuma naik tipis dari kuartal sebelumnya yaitu 1,50 persen.

Pun, survei memperlihatkan IHPR ada pada rumah tipe kecil. Selain itu, rumah tipe besar dilaporkan masing-masing tercatat tumbuh tipis 1,93 persen. Meski demikian melambat 0,94 persen dari kuartal tahun sebelumnya.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menjelaskan, perlambatan pertumbuhan IHPR secara tahunan. Menurut dia, hal ini sejalan dengan melambatnya inflasi biaya tempat tinggal yang dikeluarkan konsumen rumah tangga pada Kuartal III sebesar 1,24 persen dari sebelumnya 1,25 persen.

Onny mengatakan harga properti residensial primer pada Kuartal IV-2020 masih melemah. Pelemahan ini ditaksir sekitar angka indeks 1,29 persen. 

Kemudian, untuk pertumbuhan harga dinilainya dalam Kuartal IV bisa masih melambat pada seluruh tipe rumah baik kecil, menengah dan besar.

"IHPR diprakirakan masih tumbuh terbatas pada triwulan IV 2020 sebesar 1,29 persen year on year," kata Onny dikutip dari keterangan resmi BI, Jumat, 13 November 2020.

Adapun dari sisi jumlah, penjualan properti residensial pada Kuartal III-2020 masih jeblok. Hal ini tercermin dari penjualan properti residensial yang terkontraksi 30,93 persen. 

Untuk diketahui, penurunan penjualan properti residensial ini terjadi pada seluruh tipe rumah. Kata dia, penurunan untuk tipe besar dan tipe kecil masing-masing turun minus 60,03 persen. Lalu, ada juga minus 24,99 persen lebih dalam.

"Kalau dari sumber pembiayaan, pengembang masih mengandalkan sumber dari nonperbankan untuk pembiayaan pembangunan properti residensial. Ini yang jadi andalan pengembang," tuturnya.(*) umi/stm     FOTO: Ilustrasi properti/dok. rumah.com 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X