Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Dirut BTN: Beli Rumah Bisa Dilakukan Secara Virtual, Bukan Lagi Utopia

Properti & Investasi
16 Dec 2020
Dirut BTN: Beli Rumah Bisa Dilakukan Secara Virtual, Bukan Lagi Utopia

hariansuara.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat terobosan baru dalam sektor properti yaitu transaksi pembelian secara virtual. Hal ini tampaknya yang direspons secara antusias oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Pahala Nugraha Mansury menilai transaksi pembelian rumah saat ini sebenarnya sudah bisa dilakukan secara virtual. Dengan demikian, menurutnya membeli rumah saat ini tanpa harus bertemu secara fisik dan hal itu bukan khayalan.

Pahala menjelaskan terkait itu, BTN pada 2021 akan membelanjakan modal di sektor digital mencapai Rp600 miliar. Angka ini naik dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) pada tahun ini yang mencapai sebesar Rp500 miliar.

"Tahun ini kita anggarakan Rp500 miliar, tapi realisasinya sekitar Rp450-460 miliar lumayan baik secara persentase capex yang kita realisaiskan dan tahun depan insha Allah Rp600 miliar," ujar Pahala, dalam keterangan resminya, Rabu, 16 Desember 2020.

Dia menambahkan alasan pihaknya fokus dalam belanja modal untuk infrastruktur digital. Ia bilang faktor pandemi dengan meningkatnya aktivitas virtual harus ditangkap secara positif.

Pahala tak menampik pandemi membuat masyarakat Indonesia harus melek internet.

Pun, menurut dia, BTN juga sudah perkuat pasar utama melalui sektor perumahan dengan teknologi digital.

Maka itu, ia optimis pembelian rumah secara digital akan terealisasi. Ia mengatakan pengembang juga sudah buat terobosan dengan banyak melakukan pameran secara virtual.

"Jadi hampir semuanya saat ini bisa dilakukan secara virtual dan bukan lagi utopia," tutur Pahala. 

Namun, ia mengingatkan untuk program BTN ini hanya bisa dilakukan dengan pengembang yang sudah jadi mitra bank BUMN itu. Kata dia, jumlah pengembang yang bermitra dengan BTN tercatat sekitar 1.898.

Untuk diketahui, BTN kembali gelar pameran virtual expo pada 14 Desember 2020-14 Januari 2021 melalui ipex.btnproperti.co.id . Agenda ini kelanjutan dari kegiatan pameran virtual BTN expo sebelumnya pada Agustus 2020.(*) umi/lia      FOTO: Pameran properti sebelum pandemi Covid-19/IST

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X