Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Semaán Al-Quran di Kediaman Pribadi Bupati Jember Bersama Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab

Politik & Pemerintahan
17 Feb 2024
Semaán Al-Quran di Kediaman Pribadi Bupati Jember Bersama Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab

hariansuara.com - Haru, satu kata terucap kala terdengar sholawat dan lantunan ayat-ayat suci menggema di acara Sema'an Al-Quran bersama Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab kediaman pribadi Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., ASEAN Eng. di Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jumat (16/2/2024) malam.

Warga setempat dan juga dari berbagai penjuru Jember memenuhi pekarangan belakang cukup luas yang digubah menjadi semacam padepokan terbuka.

Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Jember, Dra. Hj. Kasih Fajarini, Bupati Hendy mengiringi kehadiran KH Tajuddin Heru Cokro (Gus Tajud). Sementara putranya, Gus Reisy, empunya nama lengkap Shofa Chasba Bahreisy, telah lebih dulu memimpin jemaah bersholawat dan membaca ayat-ayat suci Al Qurán. 

Dalam sambutannya, sekilas Bupati Hendy bercerita tentang rumah bersejarah orang tuanya, H. Slamet Alwi rahimahullah. "Ini rumah orang tua kami, dan di pojok sana ari-ari saya ditanam. Ayah dan Ibu mengajarkan kami, putra-putrinya, untuk beribadah dan berbuat bagi sesama. Kami meneruskan amanah orang tua, Pelataran dibuat untuk pengajian, khataman, dan kami persilakan warga menggunakannya untuk melakukan kegiatan sosial," ujarnya. 

Yang menarik lagi, saat Ramadhan tiba, rumah Bupati Hendy ini menjadi rujukan bagi warga untuk berbuka puasa dan sholat tarawih. Jemah datang dari mana saja. Suasana guyub dan kekeluargaan ini membahagiakan hati Bupati Jember dan keluarga. 

Satu hal unik perihal kediaman pribadi yang merupakan real home bagi Bupati Jember. "Di musim penghujan, di tempat lain diberitakan rumah penduduk terendam banjir. Tapi di Jember, justru rumah Bupatinya yang jadi langganan banjir," imbuhnya.

Faktanya begitu. Kendati ada beberapa rumah lainnya, tetap saja pilihan hatinya jatuh pada griya di Kampung Ledok ini yang dibangun mendiang orang tuanya.Nilai historisnya tiada tertandingi.

Membumikan Al-Quran di 31 Kecamatan

Gus Tajud lanjut memimpin sholawat dan doa, serta pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Ia menyambut baik gagasan Pemkab Jember untuk menggelar Semaán Al-Quran berkeliling ke 31 Kecamatan di Kabupaten Jember.

Singkatnya, seperti disampaikan Bupati Hendy, kegiatan keagamaan ini sebagai ikhtiar untuk membumikan Al-Quran. Mengundang ridho Ilahi agar bumi dan masyarakat Jember menjadi semakin berkah dan terberkahi.

Diharapkan, dengan terus melakukan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran akan makin mendekatkan diri kepada Ilahi. Kualitas akhlak pun meningkat sebagai nakhoda diri dalam meraih keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akherat. (*) Melia Hapsarani/MTR             Foto: Habib HM

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X