Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Rutin Baca Surat Al Kahfi Tiap Kamis Malam atau Jumat, dan Jadilah Yang Beruntung

Religi
27 May 2022
Rutin Baca Surat Al Kahfi Tiap Kamis Malam atau Jumat, dan Jadilah Yang Beruntung

hariansuara.com -  Surat Al Kahfi, surah ke-18 terdiri atas 110 ayat, yang terdapat pada Juz 15 di Kitab Suci Al Quran sangatlah istimewa. Nilai pahala membacanya sangatlah besar untuk keberuntungan di dunia dan akherat. Karenanya, amat dianjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi setiap Kamis malam hingga Jumat. 

Tilik hadits sahih HR Ad Darimi, seperti tertuang dalam Shohihul Jami' No 6471, “Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kakbah.” 

Pun, pada HR An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani menyatakan hadits ini shohih seperti tercantum dalam Shohihul Jami’ No. 6470. "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” 

Jadi, siapa yang membaca Surat Al Kahfi, pada telapak kakinya timbul cahaya ke langit sehingga menyinari langkahnya di hari kiamat. Dosa-dosanya diampuni di antara dua hari Jumat. 

Bahkan Abu Hasyim menyatakan sabda Nabi Muhammad SAW, bahwa Surat Al Kahfi menjadi cahaya di Hari Kiamat. Pun, memelihara diri dari segala fitnah maupun fitnah Dajjal. 

Selain membaca Al Quran, juga penting untuk menyimak terjemahannya. Dengan begitu, akan bisa memahami pembelajaran dan nilai yang disampaikan dari kalam Ilahi sebagai pegangan hidup.

Begitu juga mengenai Surat Al Kahfi. Dituliskan pada Surat tersebut tentang para penghuni gua, yakni tujuh pemuda saleh dan seekor anjing. Mereka dikejar penguasa dzalim ketika itu dan dipaksa untuk menyembah berhala. 

Dengan izin Allah, mereka bersembunyi di dalam gua, lalu ditidurkan selama 309 tahun. Kemudian Allah membangunkan mereka kembali tatkala penguasa dan masyarakatnya telah berganti menjadi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Wallahu A'lam Bis shawab.

Tak perlu berlama, segera ambil Al Quran Anda. Silakan membuka Juz 15, temukan Surat Al Kahfi yaitu surah ke-18 yang terdiri atas 110 ayat. Selamat membaca dan menjadi insan yang beruntung di dunia dan akherat. (*) Maulana/MTS       Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X