Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Tip Suburkan Tanaman dengan Limbah di Rumah 

Rumah & Taman
12 Feb 2022
Tip Suburkan Tanaman dengan Limbah di Rumah 

hariansuara.com, Jakarta - Tiap rumah pasti tak lepas dari kegiatan minum teh atau kopi, memasak nasi, dan mengolah sayur mayur beserta lauk pauknya. Pun, di kediaman Anda, bukan?

Nah, info ini agaknya tepat untuk Anda. Limbah rumah, dari bungkus teh celup, ampas kopi, air cucian beras, sampah dapur dari sayur mayur bisa jadi pupuk organik, sumber nutrisi tanaman di rumah. OK, kan? Hitung-hitung bantu program wasteless, menihilkan sampah di rumah. Ayo kita kupas satu per satu!

Kantung Teh Celup

Mulai sekarang, kantung teh celup habis disruput, manfaatkan untuk menguatkan tanaman dari serangan hama. Jadi, tak perlu beli pestisida lagi. Tanah juga jadi lebih sehat. Caranya mudah, gunting satu sisi kantung teh celup, lalu kubur di dalam tanah. Serbuk tehnya ini jadi pupuk organik. 

Ampas Kopi

Anda hobi tanam bunga? Ampas kopi yang tersisa diberikan ke tanaman bunga. Taburkan saja ampas kopi di tanah. Lihat, tanaman bunga Anda lebih sehat dan subur. 

Air Cucian Beras

Setelah tahu rahasia ini, selalu tampung ya air bekas cucian beras. Air berwarna putih susu itu kaya sekali akan selulosa, protein, gula dan pati, wah pokoknya keren sekali untuk suburkan tanaman dan juga sehatkan tanah. 

Kulit Kacang

Apa? Anda mungkin bertanya tak percaya atau malah menertawai gagasan memupuk tanaman dengan kulit kacang. Ini bocorannya. Anda tentu paham, kacang maupun kulitnya kaya akan nitrogen. Nutrisi ini bisa tingkatkan imunitas tanaman dari hama dan gulma. Caranya, jemur kulit kacang, lalu proses halus dengan blender, kemudian sebar di atas tanah sebagai pupuk.

Sampah Dapur dari Sayur Mayur 

Ini pupuk organik ini tinggi mineralnya. Bagus sekali menjaga tanah tetap lembap. Cacing tanah suka sekali di tanah seperti ini. Artinya, cacing-cacing ini bermukim di sana dan gemar menjelajah tanah sehingga tanah jadi subur. 

Demikian info singkat ini, semoga bermanfaat. (*) Rohidah/MTS      Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X